Wujudkan Swasembada Pangan, Bupati Bogor Launching Beras Carita Makmur

0

BOGOR, braind.id Masih luasnya lahan pertanian khususnya padi di Kabupaten Bogor  serta mendorong kecintaan masyarakat terhadap produk lokal, menjadi dasar Bupati Bogor Ade Yasin membuat Gerakan Cinta dan Beli Beras Carita Sukamakmur.

Hal tersebut dikatakan Ade Yasin ketika menghadiri Panen Raya Padi di Desa Tegal Panjang Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rabu (13/03/2019).

Ia menuturkan gerakan cinta dan beli produk lokal beras Carita Makmur merupakan bagian dari salah satu program Pancakarsa yaitu Karsa Bogor Maju.

Selain itu, kata dia, gerakan ini juga sebagai upaya pemerintah daerah untuk melakukan penguatan ketahanan pangan secara menyeluruh.

“Ini salah satu wujud nyata pemerintah Kabupaten Bogor untuk mendukung swasembada beras di daerah, dan yang paling terpenting adalah ini kita lakukan untuk memakmurkan serta mensejahterakan para petani” tutur Bupati.

Disamping itu, Bupati juga membuat program penyediaan beras Carita Makmur untuk para ASN Kabupaten Bogor. Gerakan ini bertujuan untuk memutus mata rantai distribusi beras dari para petani kepada para tengkulak yang membeli beras secara murah.

“Kita harapkan ini dapat memutus mata rantai distribusi yang biasanya para petani menjual kepada tengkulak dengan murah. Kalau ASN se Kabupaten Bogor yang yang membeli tentunya nilai tambah yang didapat para petani menjadi lebih besar dengan target pasar yang telah terukur dan keberlanjutan tetap terjamni. Insya Allah ke depan produk pangan lainnya akan kita dorong juga,” terang Ade Yasin.

Bupati juga mengingatkan agar para petani untuk senantiasa meningkatkan kualitas produk beras Carita Makmur.

“Jangan hanya fokus kepada peningkatan kuantitas, tapi tingkatkan juga kualitas,” pungkas Ade Yasin.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga memberikan bantuan kepada para petani berupa handsprayer, motor roda tiga, separator dan busker. (ocky/andi/deri/diko/DISKOMINFO)