Wali Kota Minta Peserta Prajabatan K1/K2 Taat pada UU PNS.

4

JAYAPURA PAPUA, Braind.id – Sebagai unsur utama sumber daya manusia aparatur negara, Aparatur Sipil Negara (ASN) berperan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, untuk itu, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM meminta peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat) prajabatan golongan II dan III angkatan XI formasi K1/K2 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, untuk mampu memainkan peran tersebut untu berkompetesi yang diindikasikan melalui sikap dan perilaku yang baik dan setia serta taat kepada negara, bermoral, bermental yang baik, professional serta sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayanan masyarakat yang mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal ini dikatakan Mano saat membuka resmi kegiatan diklat prajabatan golongan I dan II di lingkungan Pemkot Jayapura, yang ditandai dengan penyematan kartu tanda peserta, bertempat di Aula Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Jayapura, Kamis (2/11) kemarin.

Melalui diklat ini, Mano berharap peserta diklat dapat memiliki sikap dan karakter untuk mengabdi secara tulus, jujur, adil dan bertanggung jawab yang berorintasi kepada kepentingan masyarakat di Kota Jayapura, siap berkompetensi dalam bidang teknis, manajerial dan kepemimpinan, serta ia juga berharap peserta siap melaksanakan tugas pokok secara efisiensi, efektifitas dan berkualitas di lingkungan kerjanya dengan tetap mengutamakan semangat kerja sama dan memiliki rasa tanggung jawab.

“Pelatihan ini dilakukan untuk membentuk saudara menjadi PNS yang berdisiplin, berhasil guna dan berdayaguna, memiliki moral dan perilaku yang baik serta taat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Selain itu juga, Mano meminta agar peserta diklat supaya mempelajari dan memahami segala aturan perundang-undangan, termasuk Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2009 tentang disiplin PNS, agar dapat sadar akan kewajiban dan larangan-larangan bagi setiap PNS.

“Saudara telah memilih untuk mengabdi dan berkarya melalui Pemkot Jayapura, maka saudara wajib mengetahui apa yang merupakan visi dan misi Pemkot Jayapura. Saya mengharapkan agar peserta diklat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk belajar dan berlatih dengan tekun dan taat akan aturan dalam diklat ini guna mencapai hasil yang memuaskan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Jayapura, DR. Robert Johan Betaubun, S.Pd, MM menjelaskan tujuan diklat antara lain ialah menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya, serta memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat.

“Sasaran diklat adalah terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan masing-masing,” pungkasnya.

Adapun kegiatan diklat tersebut akan dimulai pada 6 sampai dengan 11 November 2017, yang dipusatkan di Balai Diklat Kota Jayapura, Distrik Heram. Sedangkan tenaga pengajar berasal dari Widyaswara BKPP Kota Jayapura dan anggota Batalton Marhanlan V Jayapura.

Kemudian, peserta diklat terdiri atas, Golongan II angkatan XI adalah calon PNS Golongan II formasi K1/K2 pegawai Pemkot Jayapura Tahun anggaran 2017, berjumlah 17 orang dan titipan Pemerintah Kabupaten Keerom berjumlah 1 orang. Dan peserta golongan III angkatan XI adalah calon PNS formasi K1/K2 pegawai Pemkot Jayapuar Tahun Anggaran 2017, berjumlah tiga orang. (Sabda)

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here