Usai Upacara HUT TNI Ke-73 Babinsa Purwojati Bantu Warga Sediakan Air Bersih

25

BANYUMAS braind.id –  selaku komando kewilayahan yang langsung terjun ketengah masyarakat, Kodim 0701/Banyumas, tanggap untuk menggerakkan seluruh Babinsa membantu kesulitan yang dialami masyarakatnya.

Kodim 0701/Bms gerakkan para prajuritnya, saat kemarau berkepanjangan melanda sebagian wilayah Banyumas,  guna membantu  pendistribusian air bersih dibeberapa wilayah khususnya di Kecamatan Purwojati, Kabupaten  Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (5/10/2018).

Para prajurit ujung tombak satuan ini, Babinsa tanggap dan jeli terhadap apa yang dialami masyarakatnya. Dengan kejelian dan ketanggap-segeraannya, Babinsa Koramil-18/Purwojati Kodim 0701/Bms bergerak membantu masyarakat di 5 desa yang dilanda kekeringan di wilayah Kecamatan Purwojati.

Walaupun dalam suasana hari bersejarah peringatan HUT Ke-73 TNI tahun 2018, mereka lakukan tugas dengan ikhlas dan tanpa pamrih turut serta membantu mendistribusikan air bersih kepada masyarakat.

“Semua babinsa yang bertugas di desa-desa yang kekurangan air bersih kami instruksikan agar mereka proaktif membantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Banyumas menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat,” kata Dandim 0701/Bms Letkol Inf Wahyu Ramadhanus Suryawan, S. Sos., M.M.S. Usai apel kemarin.

Ia menjelaskan, keberadaan TNI di desa harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, dan harus jeli teehadap kesulitan yang dialami masyarakat, termasuk membantu kebutuhan warga.

“Jajaran koramil di masing-masing Kecamatan juga kita instruksikan untuk melakukan pemantauan dan pengawasan secara langsung ke lapangan,” ujar Dandim.

Selain itu, prajurit abdi negara juga diminta untuk ikut membantu menyampaikan informasi kepada petugas BPBD Pemerintah Kabupaten Banyumas, apabila ada desa yang belum masuk dalam pendataan pemkab, sehingga luput dari bantuan pemerintah.

“Saat ini masih ada 5 desa yaitu Desa Kalitapen, Desa Kaliputih, Desa Gerduren, Desa Kaliwangi dan  Desa Karangtalun Kidul, yang kini kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mandi dan memasak,” jelas Danramil-18/Purwojati Kapten Inf Kasijan. (bob)

Comments are closed.