Tingkatan Peran Perempuan Papua Dalam Pemanfaat SDA, Paradisea Gelar Workshop

6
Kegiatan Workshop Paradisea Manokwari//RED
MANOKWARI, braind.id – Guna meningkatkan peran perempuan adat Papua dalam praktek pemanfaatan sumber daya alam (SDA) di Provinsi Papua Barat Yayasan (LSM) Paradisea Manokwari, di Papua Barat menggelar Workshop.
Kepala Dinas Parawisata Provinsi Papua Barat, Yusak Wabia mengatakan berbicara Adat Istiadat itu perlu dipahami tiga hal yakni Budaya, Tradisi, dan Adat.
“Kebudayaan itu berbicara sial cipta, rasa, dan kasih. Adat tidak berubah dengan cepat. Apakah adat perempuan Papua ini masih merekat atau tidak. Contohnya, saat ini banyak perempuan Papua yang rambutnya sudah lurus, karena pengaruh budaya luar,”kata Yusak Wabia dalam sambutannya saat membukan kegiatan Worshop, di Hotel Manseinam Beach, Manokwari, Senin (29/10/2018).
Menurutnya, sejauh ini perkembangan zaman membuat orang Papua semakin lupa akan budayanya. Maka, diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut dapat memacu orang Papua terlebih khusus perempuan Papua agar bisa bersaing.
“Tapi juga mampu menjaga dan melestariakan budaya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, karena peran perempuan adat dalam praktek pemanfatan SDA di Papua Barat sangatlah penting, kita hati-hati dengan pengaruh luar. SDA kita banyak, tapi tinggal bagaimana perempuan papua ini melaksanakan,”ujar Wabia.
Wabia mengakui bahwa orang asli Papua (OAP) masih sangat lemah dalam mempertahankan adat istiadat saat dipercayakan untuk memgelola sumber daya alam nanti.
“Saat ini lita sedang berjuang untuk membangun gedung kesenian daerah, dan pasar seni atau sanggar seni. Setalah itu baru dipromosikan sumber daya berbasis budaya yang ada,”sebut dia.
Sementara Ketua DPRD Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Esau M. Ahoren mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan workshop yang dilaksanakan Yayasan Paradisea.
Pasalnya, selama ini tidak ada kegiata-kegiatan yang dilaksanakan dikalangan perempuan Papua. Untuk diharapkan kepada semua pihak agar dapat memberikan dukungan.
“Ya terlebih khusus pemerintah dalam hal ini instansi terkait harus mampu memprogramkan program-program yang berkait dengan peningkatan kapasitas perempuan papua agar mereka mampu memanfaatkan sumber daya alam yang ada,”tandas Ahoren. [RED/ONE]

6 KOMENTAR

  1. If you want to obtain a good deal from this paragraph then you
    have to apply such methods to your won weblog.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here