SMKN 4 Antusias Siapkan Sayuran Saat Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional PON 2020 Provinsi Papua.

0
163

JAYAPURA PAPUA (BRI) – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Jayapura sebagai sekolah kejuruan bidang pertanian yang berada di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

 

Terletak di sisi jalan menuju perbatasan Republik Indonesia dan Papua New Guinea (PNG), sekolah ini diprogramkan untuk menjadi pusat pendidikan pertanian terpadu di Provinsi Papua termasuk untuk pendidikan singkat bidang pertanian bagi warga negara PNG.

 

Kepala SMKN 4 Jayapura, Ir. Joselina Akerina, M.Si mengatakan ada enam produk program keahlian agribisnis yang dimiliki sekolahnya, yaitu program keahlian agribisnis budidaya tanaman perkebunan, budidaya tanaman pangan dan hortikultura, budidaya ternak ruminansia, budidaya ikan air tawar, ternak unggas dan pengolahan hasil pertanian.

 

Dengan misi untuk mengembangkan standarisasi dan stratifikasi kompetensi sumber daya manusia bidang pertanian dan juga untuk mengembangkan penataan dan pengelolaan lingkungan sebagai objek wisata pertanian atau agribisnis, Joselina mengakui dari luas 32 hektar tanah yang dimiliki sekolahnya, 4 hektar tanah merupakan lahan pertanian sebagai lahan prakter dan yang di kelola sendiri oleh para siswa dan guru pendamping.

 

“Selain unggul di sektor pertanian, kami juga sudah mempersiapkan sumber daya manusia bagi generasi dalam bidang pertanian. Sehingga diharapkan para kader petani dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya untuk mengembangkan pengelolaan holtikultura yang berkualitas tinggi di Kota Jayapura,” ujarnya.

 

Dilanjutkannya, sekolah yang berada di Jalan Raya Arso ini, khusus untuk tanaman pangan dan kebun holtikultura lebih mengunggulkan sayur organik.

 

Dalam upaya ketahanan pangan di kota Jayapura, Joselina mengatakan jika kebun hoktikultura tersebut dikembangkan dengan baik, maka diakuinya bahwa SMKN 4 Jayapura sanggup dan bersedia terlibat dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX tahun 2020, sebagai penyuplai sayuran, baik ke perhotelan maupun supermarket.

 

“Jika Pemerintah Kota Jayapura siap memfasilitasi kami masuk dalam kepanitiaan PON 2020 khususnya di bidang konsumsi, maka mulai saat ini, kami akan melakukan persiapan dengan membuat perencanaan secara mendetail untuk setiap jenis tanaman sayuran, dan target produksinya berapa,” terang Joselina.

 

Menurutnya, sayuran yang terdapat di kebun holtikultura sekolahnya adalah sayuran organik seperti sawi botol, brokoli, kangkung cabut, sawi biasa, daun bawang, rica, tomat dan juga bawang merah.

 

Selain itu, sayuran itu dipelihara dengan menggunakan pupuk kandang yang diperoleh dari hasil peternakan pihak SMKN 4 Jayapura. (Sabda).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here