Selamat Jalan Tokoh Pejuang Papua Merdeka, Bapak Eliezer Awom

3
Tokoh pejuang Papua Merdeka,  Eliezer Awom//ISTIMEWA
PAPUA BARAT, braind.id – Beristirahatlah dalam Damai, Sang Pemimpin Besar Bangsa Papua. Roh dan semangat perjuanganmu akan terus dikobarkan dari generasi yang satu ke genarasi yang lain.
Rakyat Papua kembali berduka atas berita kepergian (meninggal dunia) pejuang Eliezer Awom yang konon dikenal sebagai pejuang yang tangguh, dan takkenal lalah, mengorbankan harta benda dan jabatan untuk sebuah keyakinan akan kehidupan  di tanah Papua yang lebih baik, adil dan benar.
Eliezer Awom dikenal sebagai tokoh Papua yang tegas pada apa yang benar. Sikap itulah yang membuat dirinya berani tinggalkan komandan Brimob di era 70 an, dan memilih bergabung dengan gerilyawan Tentara Nasional Pembebasan Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) dan memimpin perang melawan kolonialisme dari kota Jayapura hingga rimba Papua dan Papua New Guinea (PNG). Ditangkap militer Indonesia, dan menjalani hukuman seumur hidup di penjara Kalisosok, Surabaya. Lalu era Presiden Abdurrahman Wahid (Gusdur), Almarum mendapat Amnesti tahun 2000.
Marthen Manggarouw, Salah satu Anggota ULMWP ketika dihubungi oleh media ini menuturkan, Almarum mengehembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (14/6/2018) saat melakukan tugas sebagai tokoh pejuang pembebasan bangsa papua.
“Almarum mengehembuskan nafas terakhirnya diusianya yang ke 72 tahun saat bersama rombongannya melakukan perjalanan dari Kabupaten Kaimana menuju Kabupaten Teluk Bintuni,”ungkapnya, Sabtu (16/06/2018).
Saat ini Jenazah almarum telah disemayamkan di rumah duka yang terletak di kampung Pasirido Kabupaten Manokwari sambil menunggu keluarga terkait untuk dikebumikan. [jas/one]

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here