Satlinlamil Melantik Orang Nomor Dua Di Satuan Pelaksanaan Kolinlamil

0

JAKARTA, braind.id Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta, Kolonel Laut (P) Hery Winarno, S.E.  melantik Wakilnya Letkol Laut (P) Sobarudin, M.Tr (Hanla) dalam upacara di Mako Satlinlamil Jakarta, Rabu (16/01/2019).

Acara pelantikan orang nomor dua di satuan pelaksana Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) ini dihadiri Perwira Staf, Komandan KRI dan prajurit Satlinlamil Jakarta.

Dalam sambutannya, Komandan menyampaikan, bahwa salah satu kunci keberhasilan seorang pemimpin adalah partisipasi aktif dari seluruh anak buah. Seorang pemimpin harus selalu mengembangkan kepemimpinannya yang dapat menumbuhkan kepeloporan serta merangsang anak buah untuk dapat mengekspresikan diri secara optimal.

Lanjutnya, Jabatan Wadan Satlinlamil merupakan jabatan yang sangat strategis sebagai wakil dan pembantu utama Komandan Satlinlamil Jakarta dalam mengkoordinasikan dan mengarahkan kegiatan dari semua staf dibawahnya agar program-program Satlinlamil Jakarta dapat berjalan baik dan terarah. Selain itu jabatan Wakil Komandan juga dapat menjadi guru, bapak, sekaligus sebagai atasan bagi seluruh anak buahnya.

“Wakil Komandan harus mampu membina organisasi dan bertindak sebagai pembantu dan pengganti utama Komandan. Untuk itu seorang wadan harus mampu mewujudkan suasana kerja organisasi yang harmonis guna tercapainya pelaksanaan tugas pokok,” kata Hery alumni AAL angkatan 39 tahun 1993 ini.

Untuk diketahui, Satuan Lintas Laut Militer Jakarta merupakan salah satu komando pelaksana pembinaan dari Komando Lintas Laut Militer yang memiliki beberapa unsur jenis Landing Platform Dock (LPD), Landing Ship Tank (LST) dan Frosch di antaranya KRI Banda Aceh 593, KRI Teluk Amboina 503, KRI Teluk Manado 537, KRI Teluk Hading 538, KRI Mentawai 959, KRI Tanjung Kambani 971 dan KRI Tanjung Nusanive 973.

Satlinlamil Jakarta sebagai komando pelaksana pembinaan mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan unsur-unsur KRI jajaran Satlinlamil Jakarta dalam rangka mendukung tugas – tugas Kolinlamil dalam mengemban fungsi strategis yaitu sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer dan pembina potensi angkutan laut nasional.

Tugas-tugas yang dihadapi untuk tahun 2019 diantaranya untuk mendukung pengamanan pulau-pulau terluar dan pergeseran pasukan serta angkutan peralatan strategis lainnya dalam pengamanan di wilayah nusantara dan tugas-tugas lainnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Para Komandan KRI, para perwira, bintara dan tamtama serta PNS Satlinlamil Jakarta.(dade)