Relawan Bela Alam Kodim 0621 Kirim Personil, Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

0

BOGOR, braind.id Bencana gelombang tsunami yang melanda wilayah Pandeglang, Banten dan Lampung akibat erupsi anak gunung Krakatau beberapa waktu lalu, mengakibatkan ratusan jiwa meninggal dunia dan ribuan warga luka luka serta kerugian ratusan miliar rupiah.

Peristiwa bencana tsunami yang menimpa saudara saudara kita di Lampung dan Banten tersebut, sontak membuat keperihatinan bagi seluruh elemen, instansi dan organisasi serta masyarakat Indonesia yang turut berduka cita. Dengan berlomba lomba membantu baik tenaga maupun materiil untuk meringankan sedikit beban para korban bencana tsunami.

Lebih lanjut, yang dilakukan Relawan Bela Alam Kodim 0621/Kabupaten Bogor yang telah mengirimkan sejumlah personilnya pada Minggu, tanggal 23 Desember 2018 lalu, ke lokasi bencana di Banten.

“Sebanyak 7 orang Relawan sudah berada di lokasi sejak minggu lalu, dan kita juga melakukan kontroling terhadap penambahan logsitik,” kata Panji Saputra, selaku Ketua Relawan Bela Alam Kodim 0621/Kab. Bogor, Jumat (28/12/2018).

Sejauh ini dari data sementara yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban bencana Tsunami di 5 Kabupaten pada dua provinsi itu, terdapat 426 jiwa korban meninggal dunia, 23 orang masih dinyatakan hilang dan 7.202 menderita luka-luka baik ringan maupun kritis.

“Relawan Bela Alam Kodim 0621/Kab. Bogor, hari ini mengirimkan juga satu truck logistik untuk para korban di Banten yang berlokasi di Kecamatan Sumur. Relawan tersebut, menggabungkan donasi yang diberikan oleh para anggota, masyarakat yang berada di Posko Balai Desa Gunung Putri dan dari Kodim 0621 yang sudah menunggu di Koramil 2117 Jasinga,” ujar Panji.

Alhamdulillah, kata dia, Relawan Bela Alam bersama Kodim 0621/Kabupaten Bogor dapat bersinergi dengan mengirimkan bantuan logistik dan kendaraan truk Kodim untuk masyarakat yang terkena dampak Tsunami Banten dan saya didampingi Lettu. T. Marbun, SH selama beberapa hari ini.

“Evakuasi Korban Tsunami Relawan Bela Alam Kodim 0621/Kab. Bogor, seperti diketahui, korban yang saat ini mengungsi sebanyak 40.386 jiwa menurut rilis pers BNPB dan dari jumlah yang banyak itu pemerintah daerah dan masyarakat harus bersama membantu korban yang dibantu aparat TNI dan Polri,” terang Panji.

Para Relawan yang merupakan binaan dari Kodim 0621/Kab. Bogor ini mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0621/Kab. Bogor Letkol Inf Harry Eko Sutrisno, yang sigap penuh antusias membantu penanganan bencana tsunami dengan menurunkan sejumlah personilnya bersama para relawan. (dade)