PT Pelabuhan Indonesia II, IPC Peduli Berbagi Kebahagiaan Dengan 1500, Dalam HUT BUMN ke-21

0

JAKARTA, braind.id.id Merayakan hari ulang tahun Kementerian BUMN ke-21, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC melalui serangkaian program IPC Peduli berbagi kebahagiaan dengan 1500 orang warga Desa Bojongmalang, Kecamatan Cimaragas, Ciamis, Jawa Barat.

Berlangsung selama dua hari, tiga fokus utama program IPC Peduli kali ini diantaranya Padat Karya Tunai, Pangan Murah dan Kegiatan Sosial Milenial.

Melalui program IPC Peduli, IPC secara berkelanjutan mewujudkan peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberikan kontribusi nyata yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Rangkaian kegiatan ini merupakan sinergi IPC dengan berbagai perusahaan BUMN dalam mengusung semangat dan misi BUMN Hadir Untuk Negeri,” kata Sekretaris Perusahaan IPC, Shanti Puruhita, Selasa (02/04/2019), saat pers riliis, di Jakarta.

Terletak 20 km dari pusat Kota Ciamis, Desa Bojongmalang memiliki 4 dusun dengan 910 kepala keluarga.

Kegiatan Padat Karya Tunai dan Pangan Murah dibuka oleh General Manager IPC Cirebon, Udin Mahmudin, Kepala Desa Bojongmalang Karnadi dan Camat Kecamatan Cimaragas Supena Dipraja.

“IPC Peduli merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh IPC. Dihari pertama, program IPC Peduli di mulai dengan kegiatan Padat Karya Tunai diantaranya kegiatan bersih-bersih lingkungan, pembangunan bank sampah, penanaman pohon/penghijauan serta perbaikan sarana umum (jalan),” ujar Shanti.

Sebanyak 500 orang warga Desa Bojongmalang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih dan pembuatan saluran irigasi di sawah, penanaman 250 bibit pohon pinus, pembangunan bank sampah serta perbaikan sarana umum (jalan).

Di hari kedua, IPC menggelar program pangan murah. Sebanyak 1.000 paket sembako senilai Rp..42.500,- dijual dengan harga yang sangat terjangkau senilai Rp.10.000,-

“Adapun paket sembako yang dijual pada program pangan murah berisi beras, minyak goreng, gula, sarden dan garam. Terkait penyediaan sembako pada program pangan murah ini, IPC melakukan sinergi dengan Perum Bulog. Untuk membeli paket sembako, masyarakat diminta mengunduh dan melakukan aktivasi aplikasi LinkAja,” ungkap Shanti.

Pada kesempatan yang sama, IPC melakukan penyuluhan kesehatan kepada 1.000 warga Desa Bojongmalang yang disampaikan oleh dokter Muhammad Ikhwan Fuadi dari Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon.

Terselenggaranya, kata dia, kegiatan ini merupakan bukti nyata kehadiran BUMN untuk Indonesia hingga menjangkau pelosok desa.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan BUMN dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan sinergi antara IPC dengan PT Kimia Farma (Persero), Tbk dan PT Pertani (Persero),” ujarnya.

Turut terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini, 100 milenial BUMN gabungan dari IPC, PT Kimia Farma (Persero), Tbk dan PT Pertani (Persero) yang membantu masyarakat pada kegiatan bersih-bersih lingkungan, perbaikan sarana umum dan sharing session mengenai pola hidup sehat,” katanya.

Program Padat Karya Tunai, Pangan Murah dan Penyuluhan Kesehatan diharapkan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat dan memberikan dampak positif terutama edukasi mengenai kebersihan dan kesehatan lingkungan.

IPC Peduli berlandaskan pada suatu bentuk tanggung jawab IPC yang tidak hanya terorientasi pada aspek ekonomi namun juga diharapkan dapat memiliki dampak sosial serta lingkungan.

“IPC sebagai perusahaan milik negara yang berfungsi sebagai agen pembangunan berkomitmen untuk turut berkontribusi secara aktif dalam membangun ekonomi berkelanjutan yang bermuara pada peningkatan kualitas hidup masyarakat,” pungkas Shanti. (dade)