Polemik Pasar TU Kemang, PN Kota Bogor: Gugatan Ditolak Untuk Seluruhnya

0

BOGOR, braind.id Hak atas Pengelolaan Pasar Teknik Umum (pasar induk kemang), telah menjadi polemik. Hendraka Kasim menggugat Perusahaan Daerah Pakuan Pasar Jaya (PD PPJ) Kota Bogor dan PT Artmosfir Kreasi Mandiri (AKM).

Gugatan yang tertera dilaman http://sipp.pn-bogor.go.id dengan nomor perkara 93/Pdt.G/2018/PN Bgr. 07 Aug 2018 Perbuatan Melawan Hukum.

Penggugat: Hendraka Kasim. Tergugat:
1. Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ), 2. PT Artmosfir Kreasi Mandiri (AKM).

Namun Gugatan yang telah disidangkan itu ditolak untuk seluruhnya oleh majelis Hakim, hal itu disampaikan Humas Pengadilan Negeri (PN) Kota Bogor Solihin, Saat ditemui braind.id  pada kamis, (08/08/2019) yang lalu.

“Ya gugatan ditolak untuk seluruhnya, Tapi Rekonvensi dikabulkan sebagian,” terang Solihin. Putusan tersebut diketok palu oleh majelis hakim pada 31 juli 2019, yang lalu.

Terpisah, Direktur Umum (Dirum) PD PPJ, Jenal Abidin menanggapi singkat terkait ditolaknya gugatan Hendraka Kasim,

“Sedang dikoordinasikan dengan Bagian Hukum Pemkot untuk diambil langkah bersama-sama Pemerintah Kota Bogor menindaklanjuti hasil keputusan pengadilan,” kata Jenal,  melalui percapakan Aplikasi WhatsApp, kepada braind.id (08/08/2019)

Pelaksanaan realisasi terkait putusan itu, ia mengatakan, “Belum sampai ke arah teknis.. tapi koordinasi tetep kami lakukan dengan Pemkot (Pemerintah Kota) kang,” terang Jenal.

Ditempat lain, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melalui Kepala Bidang perdagangan, Tedy mengatakan, “Ranahnya belum ke kita (Disperindag) pak.. itu masih status kerjasama,” ujarnya kepada braind, saat ditemui dikantornya, senin 12 Agustus 2019.

Realisasi pelaksaan retribusi bisa menjadi PAD, Tedy mengatakan, “masih lama, belum jelas,” singkatnya,

Disisi lain, kelompok masyarakat yang peduli dan menyoroti hal itu ingin terlibat membantu pemerintah untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta ingin memberdayakan masyarakat sekitar juga pedagang,

Kelompok masyarakat itu Paguyuban Warga Peduli Pasar TU Kemang, Didin Hasanudin selaku ketua menanggapi ditolaknya gugatan Hendraka Kasim, yang sudah bersurat kepada PD PPJ untuk beraudiensi terkait hal itu.

“Sedang menunggu jawaban surat (audiensi) yang telah dilayangkan,” kata Didin. beberapa waktu lalu, yang ditemui di lokasi pasar TU Kemang. **

(TYr)