Pemkab & Pemkot Bogor Gelar Rakor Lintas Sektoral

0

BOGOR, braind.id Bupati Bogor Ade Yasin langsung tancap gas dalam melakukan pembangunan yang bersinergi di Kabupaten Bogor. Salah satunya adalah dengan mengundang Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk melakukan rapat koordinasi lintas sektoral di Gedung Serbaguna 1 Setda, Kabupaten Bogor. Jawa Barat. Kamis (31/01/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Bogor, Wakil Walikota Bogor, Sekda Kota Bogor, PLT Sekda Kabupaten Bogor dan seluruh pejabat eselon II Pemkot dan Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Bogor.

Menurut Ade Yasin, forum Rakor yang digagas antara Bupati dengan Walikota Bogor ini merupakan forum untuk menghasilkan berbagai solusi atas permasalahan yang melibatkan 2 daerah ini.

Lanjutnya, permasalahan tersebut antara lain adalah persoalan transportasi, terminal batas kota, kesehatan, pendidikan, pajak, hingga penanganan masalah sosial.

Ade juga meminta kepada SKPD terkait, yang menangani hal tersebut, agar segera menindaklanjuti permasalahan-permasalahan yang sudah dibahas untuk menghasilkan solusi yang terbaik bagi kedua daerah yaitu Kota Bogor maupun Kabupaten Bogor.

“Sinergi yang kita bangun tentunya harus menghasilkan solusi untuk permasalahan-permasalahan yang melibatkan dua daerah ini,” kata Bupati.

“Jadi jangan hanya berhenti di rakor ini saja, yang paling penting adalah bagaimana tindakan teknis yang harus dilakukan masing-masing SKPD untuk menghasilkan solusi terbaik. Intinya semua solusi ini nantinya dapat segera dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Kota maupun Kabupaten Bogor,” terang Ade Yasin.

Lebih lanjut Ade menjelaskan, kedepan Pemerintah Kabupaten Bogor dan Kota Bogor bersepakat untuk kembali menghadirkan Bogor Economic Summit (BES).

Hal tersebut, kata dia, dikarenakan BES merupakan alternatif solusi yang saling menguntungkan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui investasi atau penanaman modal, tidak hanya bagi Kota maupun Kabupaten Bogor, akan tetapi juga melibatkan daerah lainnya seperti Cianjur, Sukabumi dan DKI Jakarta.

“Tadi saya sudah sepakat dengan Kang Bima agar BES, yang sempat vakum kembali kita hidupkan” katanya.

“Karena melalui BES ini kita akan perkuat kerja sama ekonomi antara Kota dan Kabupaten Bogor dan daerah lainnya dengan tujuan merancang program serta evaluasi kegiatan dalam bidang pembangunan infrastruktur, ekonomi, sosial, pariwisata, sehingga investasi dapat hadir di Kota maupun Kabupaten Bogor” urai Ade Yasin.

Pada kesempatan itu, Walikota Bogor Bima Arya, mengapresiasi Rapat Koordinasi antara Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor ini.

Menurut Bima, forum diharapkan menjadi tradisi yang harus terus dijaga agar kedepan pembangunan yang lebih baik dapat tercipta dalam membangun Bogor Raya (Kota Bogor dan Kabupaten Bogor).

“Contoh, tadi dalam forum kita lihat bagaimana para SKPD baik dari Kota maupun Kabupaten Bogor melaporkan segala permasalahan, lalu ditanggapi oleh SKPD lainnya untuk bersama-sama dicarikan jalan keluarnya,” kata Walikota.

“Mudah-mudahan silaturahmi ini menjadi modal utama bagi Kota dan Kabupaten Bogor, menjemput rezeki bersama-sama dalam membangun Bogor Raya. Semoga optimisme mengiringi kita semua” Ucap Bima Arya.

Terakhir, Bima juga memuji aktifnya Bupati Bogor di sosial media (sosmed), yang menurutnya sangat membantu dalam memberi informasi bagi warga maupun pihak lain yang belum mengetahui tentang perbedaan dua wilayah antara Kota dan Kabupaten Bogor. (Ocky/Parman/Diskominfo)