Peluncuran VV13: Roket Vega Akan Membawa Satelit Observasi Bumi Milik Kerajaan Maroko

0
31

RABAT, braind.id Untuk peluncuran kesembilan tahun ini, dan misi Vega ke-13 sejak peluncur ini memulai kiprahnya di Pusat Ruang Angkasa Guiana pada 2012, Arianespace akan mengorbitkan satelit MOHAMMED VI-B. Satelit observasi bumi untuk Kerajaan Maroko ini dikembangkan oleh konsorsium yang terdiri dari Thales Alenia Space sebagai sistem kontraktor utama dan Airbus sebagai pendamping pelaksana pekerjaan.

Peluncuran VV13 menandai misi observasi Bumi kesembilan untuk Vega, sebuah peluncur bertenaga surya serbaguna. Peluncuran VV13 ini akan dilakukan dari Vega Launch Complex (SLV) di Kourou, Guyana Prancis (wilayah Amerika Selatan). Proses peluncuran satelit MOHAMMED VI – B dimaksud akan dimulai pada pukul 01.42.32 UTC atau tepat pukul 07.42.32 wib.

Evaluasi rencana persiapan peluncuran terakhir akan berlangsung pada Senin, 19 November 2018 di Kourou dalam rangka menilai persiapan awal operasi untuk penghitungan terakhir.

Ini akan menjadi satelit kedua dari program MOHAMMED VI – A & B, dengan satelit MOHAMMED VI – A yang diluncurkan oleh Arianespace pada 7 November 2017, yang juga menggunakan peluncur Roket Vega.

Satelit MOHAMMED VI-B sebagian besar akan digunakan untuk kegiatan pemetaan dan survei tanah, pengembangan wilayah, pemantauan pertanian, pencegahan dan pengelolaan bencana alam, pemantauan perubahan lingkungan dan penggurunan, serta pengawasan perbatasan dan pesisir. Sebagai pelengkap, kedua satelit MOHAMMED VI – A & B secara bersama-sama akan memungkinkan cakupan zona dan kebutuhan yang lebih cepat dan tepat.

Thales Alenia Space, sebagai kontraktor utama sistem, memasok muatan, termasuk instrumen optik, subsistem transmisi gambar, dan segmen tanah untuk pemrosesan gambar dan produksi. Airbus, sebagai kontraktor utama satelit, bertanggung jawab atas integrasi, serta penyediaan platform dan segmen tanah untuk perencanaan misi dan kontrol satelit.

Untuk informasi lebih lanjut, unduh Kit Peluncuran Penerbangan VV13 dengan mengklik di sini: http://www.arianespace.com/press-kits/

Untuk menyaksikan siaran langsung berkecepatan tinggi online dari peluncuran (termasuk komentar dalam bahasa Prancis dan Inggris dari situs peluncuran), buka arianespace.com atau ke youtube.com/arianespace pada tanggal 20 November 2018, mulai 20 menit sebelum peluncuran.

Tentang Arianespace

Arianespace menggunakan ruang untuk membuat kehidupan lebih baik di Bumi dengan menyediakan layanan peluncuran untuk semua jenis satelit ke semua orbit. Arianespace telah mengorbit lebih dari 580 satelit sejak tahun 1980, menggunakan jenis dari tiga peluncur, Ariane, Soyuz dan Vega, dari lokasi peluncuran di Guyana Prancis (wilayah Amerika Selatan) dan Baikonur, Kazakhstan.

Arianespace berkantor pusat di Evry, dekat Paris, dan memiliki fasilitas teknis di Pusat Luar Angkasa Guira, Spaceport Eropa di Guyana Prancis, ditambah kantor-kantor lokal di Washington, D.C., Tokyo, dan Singapura.

Arianespace adalah anak perusahaan dari ArianeGroup, yang memegang 74% dari modal sahamnya, dengan saldo yang dimiliki oleh 15 pemegang saham lainnya dari industri peluncur Eropa. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here