Muhamad Syahril Bay Dilantik Menjadi Raja Ati-Ati di Fakfak

17

Fakfak – braind.id – Masyarakat dari 17 Distrik di Kabupaten Fakfak, Papua Barat menggelar kegiatan pelantikan Nadi (Raja) Ati-Ati bernama Muhamad Syahril Bay di Kampung Weripang, Distrik Fakfak Barat, Rabu (14/2/2018).

Informasi yang dihimpun, belasan distrik yang dilibatkan mengikuti acara pelantikan tersebut diantaranya Distrik Karas Pulau Tiga dan Distrik Tomage. Dimana, 17 Distrik ini merupakan Wilayah Pemerintahan Nadi atau Raja Ati-Ati.
Syahril Bay dikukuhkan sebagai Nadi Ati-Ati dalam usianya yang masih muda. Selain itu, Nadi muda ini merupakan keturunan ke-19 dari Nadi Ati-Ati yang pertama yaitu Boki Bay.
Ketua Dewan Adat Mbaham-Matta, Zirseth Gwasgwas mengatakan, pengukuhan terhadap Syahril Bay ini dilakukan agar sistem pemerintahan adat di 17 wilayah di Fakfak dapat berfungsi kembali.

Pasalnya, sistem pemerintah Nadi Ati-Ati ini sudah fakum sejak tahun 2013, pasca meninggalnya Nadi Ati-Ati pertama almahrum Onim Bay.
“Nadi Ati-Ati ini sudah mengalami kefakuman sejak tahun 2013 ketika Alm. Onim Bay meninggal, hal itulah yang mendasari kami untuk melakukan pengangkatan dan pelantikan terhadap Nadi muda kita Muhamad Syahril Bay,”kata Ketua Dewan Adat.
Lebih jauh, Ketua Dewan Adat menerangkan, bahwa kepemimpinan Nadi Ati-Ati merupakan kepemimpinan yang cukup disegani dalam beberapa catatan sejarah kesultanan Ternate-Tidore.

Dimana, pada tahun 1770 Boki Bay memimpin perang melawan Penjajah di Selat Tores dan ketangguhan serta kekuatan yang dimiliki oleh Nadi Ati-Ati, akhirnya membuat penjajah begitu kagum dan memberikan surat wasiat kepada Nadi Ati-Ati dengan nama West New Guinea Sanggaria Ati-Ati.

“Pada tahun 1770 Boki Bay membantu sultan Ternate mengusir penjajah di Selat Tores, momentum perlawanan terhadap penjajah ini membuat penjajah takluk dan mengatur kesepakatan bersama Boki Bay, kesepakatan ini menghasilkan surat wasiat yang disebut West New Guinea Sanggaria Ati-Ati.”pungkasnya. [Aban]

17 KOMENTAR

  1. Overnight Shipping Pain Killers Amoxicillin Root Canal Buy Propecia Online Legit cialis price Who Invented Amoxicillin Esidrix Without Perscription Cheapeast Generic Elocon Medicine Online Pharmacy Amex Accepted

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here