Merasa Tidak Adil, ASN Asli Papua di Manokwari Adukan Bupati ke LP3BH

20
Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy

PAPUA BARAT, braind.id – Pertanyakan status kepegawaian, Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari mengadu ke Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari.

Yan Christian Warinussy, Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari mengatakan, pengaduan para ASN ini dilakukan setelah mereka (ASN) tersebut melakukan aksi ke Kantor Bupati mempertanyakan status kepegawaian mereka (ASN).

Dalam pengaduannya tersebut, Warinussy menjelaskan, para ASN melaporkan tentang status pemutasian mereka dari posisi jabatan yang dinilai tidak sesuai dengan aturan perundangan di bidang kepegawaian yang berlaku. Tapi juga disampaikan pula tentang keadaan dimana mereka adalah anak-anak asli Papua, diantaranya beberapa putra terbaik asal suku asli di Kabupaten Manokwari seperti suku Arfak dan suku Doreri.

“Mereka merasa diperlakukan tidak adil oleh Bupati Manokwari, karena posisi dan jabatan mereka justru malah diisi oleh sejumlah orang non Papua yang nyata-nyata pangkat dan golongannya berbeda bahkan jauh lebih rendah dari anak-anak asli Papua tersebut,”kata Warinussy kepada braind.id, kemarin.

Selain pengaduan mengenai beberapa kejanggalan dan ketiadaan alasan hukum dari pergantian jabatan para ASN tersebut, lanjut Warinussy, mereka (ASN) ini juga memberi beberapa informasi lain yang terkait erat dengan dugaan adanya perbuatan mal administrasi serta dugaan penyelewengan kewenangan di dalam tubuh Pemkab Manokwari.

Pengaduan para ASN Pemda Kabupaten Manokwari tersebut diterima langsung oleh Plt.Kepala Divisi Pelayanan Hukum LP3BH Manokwari, Advokat Yan Christian Warinussy yang juga adalah Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari.

“Kami akan mempelajari pengaduan tersebut dengan segenap bukti-bukti yang sedang disiapkan oleh para ASN tersebut, guna melakukan analisa hukum untuk menentukan langkah hukum yang dapat ditempuh demi membela kepentingan dan hak-hak para ASN tersebut sesuai aturan perundang yang berlaku,”pungkas Advokatd dan Pembela HAM di Tanah Papua. [fg]

20 KOMENTAR

  1. Normally I do not learn post on blogs, but I would like to say that this write-up
    very forced me to try and do it! Your writing taste has been surprised me.
    Thanks, very nice article.

  2. Greetings from Colorado! I’m bored to death at work so I decided to browse your site on my iphone during lunch break.

    I really like the info you present here and can’t wait to take
    a look when I get home. I’m amazed at how fast your blog loaded on my mobile ..

    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, awesome blog!

  3. What’s up, this weekend is nice in favor of me, because this time i am reading this
    fantastic educational article here at my home.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here