Lolos di Top 3 Idol 2018, Insos Wakum Butuh Dukungan Pemerintah

0
3469

PAPUA BARAT, barind.id – Berbagai elemen Masyarakat Papua minta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dan Papua berikan dukungan kepada salah satu putri asli Papua asal Kaimana Joanita Veroni Wakum alias JOAN dalam Top 3 Indonesia Idol 2018.

Diantaranya, Pdt. Samparisna Koibur, salah satu promotor Joanita Veroni Wakum menyampaikan bahwa pemerintah dan seluruh masyarakat di Tanah Papua harus bersyukur karena dari ribuah kontestan yang ikut dalam Indonesia Idol 2018, JOAN bisa lolos sampai masuk ke babak 3 besar spektakuler Indonesia Idol.

“Ini sesuatu yang sangat luar biasa, dan semuanya semata-mata karena karuani daripada Tuhan melalui talenta atau potensi suara yang luar biasa. Tetapi juga karakter yang nyata dalam diri JOAN,”ujar Koibur kepada braind.id, di Manokwari, Rabu (28/03/2018).

Lanjut dia, ketika JOAN tampil dan menyanyi terlihat ada sesuatu yang sangat khusus atau spesifik di dalam dirinya, sehingga penampilannya tidak hanya di tunggu oleh masyarakat di Kaimana dan Tanah Papua, namun di tunggu oleh semua masyarakat di Indonesia.

Maka, tuturnya, penting sekali untuk pemerintah daerah baik itu Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua serta Kabupaten Kaimana harus merespon pencapaian yang sudah sangat luar biasa di tunjukan oleh JOAN.

“Ya, setidaknya pemerintah harus memberikan suport dan dukungan. Tapi kami bersyukur karena kami sudah bertemu langsung dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat serta Waki Bupati Kaimana untuk menyampaikan hal tersebut,”katanya.

Pemerintah harus berikan dukungan moril maupun materil, karena menurutnya JOAN adalah aset dan bukan saja aset Kaimana, tapi JOAN adalah asetnya orang Papua, sehingga harus ada dukungan saat JOAN tanpil pada minggu depan di babak 3 besar tersebut.

“Tapi juga pemrintah harus hadir secara langsung dan memberikan dukungan. Sehingga JOAN bisa lolos ke babak spektakuler atau green final. Nah, akan ada waktu jedah 1 minggu sebelum masuk babak green final, JOAN akan di fasilitasi untuk kembali ke Kaimana bertemu langsung dengan masyarakat di Kaimana,”jelasnya.

Selanjutnya, Ketua Dewan Adat Raja Ampat, Paul Fincen Mayor menyampaikan mewakili masyarakat adat di Tanah Papua memberikan dukungan sepenuhnya kepada salah satu putri asli Papua yakni JOAN dalam babak 3 besar spektakuler Indonesia Idol.

“Kita harus tahu bahwa ini bagian dari kebangkitan perempuan Papua. Jadi dari ribuan kontestan yang ikut mendaftar, ternyata JOAN ini adalah penyanyi terfavorit dan bukan saja di Indonesia tapi sampai di luar negeri atau kancah Internasional,”kata Mananwir Paul.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Provinsi Papua Barat, Elly Krey mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya yang sudah dilakukan oleh JOAN sampai memasuki babak 3 besar Indonesia Idol 2018.

“Saya bangga karena JOAN adalah salah satu aset bagi kami seniman di Tanah Papua. Jadi budaya ini bukan hanya pahat ukir mengukir, menulis, menari saja. Tapi seni suara juga, jadi kami berharap ada dukungan dari pemerintah kepada anak kita ini,”tandas Krey. [fg]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here