Launcing Program Bogor Ngaos, Jum’at Mengaji Di SMPN 2 Cibinong

0

BOGOR, braind.id Dalam mewujudkan Visi Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman, dan Berkeadaban, Pemerintah Kabupaten Bogor menyelenggarakan acara Bogor Ngaos Launching Program Jum’at Mengaji.

Dalam kegiatan ini serentak dihadiri sekolah-sekolah se Kabupaten Bogor, juga Bupati dan Wakilnya, kepala Dinas pendidikan serta Dinas-dinas lainnya. Acara tersebut dilaksanakan di SMPN 02 Cibinong, Jl. Dadi Kusmayadi, Kelurahan Sukahati, Kabupaten Bogor, Jumat (08/02/2019).

Bupati Bogor, Ade Yasin memaparkan, Bogor ngaos ini adalah Program baru kita yang harus dilaksanakan disemua sekolah setiap hari Jum’at ini, agar mengingatkan kepada siswa-siswi sebelum memulai pelajaran untuk meminimalisir dengan kejadian banyaknya anak-anak sekolah tawuran dan kenakalan remaja.

“Mudah-mudahan kita dengan adanya program ngaji ini bisa mencetak generasi quranni dan bisa mencetak anak-anak muda paham dengan keagamaan dan mereka juga mencintai pengajian. Ini adalah upaya kami untuk mencegah  dari kenakalan anak-anak muda di usia sekolah,” tuturnya

Lanjut Bupati, Sebelum mulai pelajaran,  dengan durasi mengaji bisa sampai setengah jam sampai 1 jam. Di setiap sekolah dengan metode ngaji bersama-sama dan ada tambahan  pelajaran agama menjadi 4 jam.

“Bogor ngaos, dan kedepan bulan ini akan launcing juga Bogor berbahasa sunda pada hari rabu, bagaimana kita untuk kembali  membudayakan berbahasa sunda di Kabupaten Bogor,” terangnya.

Generasi, kata dia, yang kita harapkan adalah generasi yang di biasakan mulai  mencintai budaya.

Sementara itu, Kepala Dinas pendidikan (Kadisdik) Luthfie menambahkan, dari program Bupati yang baru, inikan ada program unggulan yang nantinya akan menjadi Visi Kabupaten Bogor kedepan.

“Nah itulah adanya Panca Karsa, Dinas pendidikan setidaknya kebagian dua hal yang pertama adalah Karsa Kabupaten cerdas dan yang kedua adalah Karsa Kabupaten Keberadaban,” katanya.

“Khususnya  Kabupaten Bogor keberadaban dari program kongritnya adalah ada program Jum’at mengaji yang kita sebut Jum’at ngaos atau juga ada dari kegiatan  Rabu nyunda termasuk ada beberapa kegiatan lainnya,” terang Kadisdik.

Jadi, kata dia, pada hari ini di SMP Negeri 2 merupakan kegiatan launcing dari program Panca Karsa Kabupaten keberadaban dalam bentuk kongrit kabupaten Ngaos. (man)