Korem 071/WK Berikan Pelatihan Komputer Jilid DuaTingkatkan Profesionalitas

0

BANYUMAS, braind.id Tingkatkan profesionalitas prajurit dan PNS jajaran Korem 071/Wk dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wk, Korem 071/Wijayakusuma berikan Pelatihan Komputer Microsoft Office dan Windows Jilid-2, Rabu (27/02/2019) bertempat di Institut Teknologi (IT) Telkom Purwokerto, Banyumas. Jawa Tengah.

Pelatihan komputer sistem Microsoft Office ini akan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 27 – 28 Pebruari 2019 ini merupakan kegiatan lanjutan (jilid-2) setelah pada 26 September 2018 lalu dilaksanakan pertama kalinya ditempat yang sama.

Pelatihan komputer jilid-2 di buka Kasiren Korem 071/Wk Letkol Inf Sasono Haryadi mewakili Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han.

Danrem 071/Wijayakusuma dalam amanat tertulisnya yang disampaikan Kasiren 071/Wijayakusuma Letkol Inf Sasono Haryadi menyampaikan, teknologi saat ini merupakan salah satu sarana memperlancar dan mempermudah dalam mendukung tugas pokok satuan.

“Salah satu teknologi yang sangat diperlukan dalam pelaksanaan tugas sehari-sehari yaitu kemampuan mengoperasikan komputer, khususnya Microsoft Office. Karenanya, personel harus mengetahui cara bagaimana menggunakan aplikasi tersebut sehingga tertib administrasi akan berjalan sebagaimana yang diharapkan,” ujarnya.

Danrem mengharapkan kepada seluruh peserta dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengoperasikan komputer khususnya Microsoft Office, karena kemampuan menggunakan komputer saat ini menjadi tuntutan yang wajib dikuasai oleh semua personil.

“Mari ikuti pelatihan komputer ini dengan sungguh-sungguh dan belajar dengan serius sehingga apa yang menjadi tujuan dari pelatihan ini dapat dicapai secara optimal,” ajak Danrem diakhir sambutannya.

Sementara itu, Wahyu Adi Prabowo S.Kom., M.BA., M.Kom., pemberi materi dari IT Telkom menyampaikan, Microsoft Office yang terdiri dari Microsoft Word, Excel dan Power Point, merupakan paket aplikasi produktifitas perkantoran yang dibuat oleh vendor software Microsoft yang dirancang untuk tingkat kondisi atau kebutuhan yang berbeda beda dan tingkat flexibilitas yang tinggi.

“Program Microsoft Office ini telah menjadi standar program dasar untuk perkantoran, bisnis dan pendidikan”, terangnya.

Ia menjelaskan, pelatihan Microsoft Office lanjutan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada peserta tentang Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point dan penggunaanya sebagai alat bantu dilingkungan kerja/sebagai media untuk mempermudah proses pengerjaan tugas sehari-hari,

sehingga dari pengetahuan-pengetahuan yang telah diperoleh tersebut para peserta  mampu menggunakannya untuk mengerjakan tugas-tugas seperti membuat dan mengolah dokumen, pembuatan laporan pembukuan, laporan keuangan serta analisa statistik, formulir, database, serta slide presentasi multimedia, dan kesemuanya mampu ditambahkan sisi visual yang berupa tabel dan grafis.

“Pada pelatihan lanjutan ini, para peserta akan diberikan materi pelatihan lanjutan dengan materi tentang microsoft word lanjutan dengan teknik membuat halaman tabel, membuat tabel, mengatur header footer, membuat daftar isi, melakukan pengaturan pencetakan,” katanya

“Microsoft Excel tingkat lanjut, menggunakan function logika, statistik, pengolah teks, mengamankan cell dan workbook, menggunakan sortir, filter, data validation dan menggunakan pivot tabel. Sedangkan Microsoft power point tingkat lanjut, mengatur slide show, mengatur theme, menggunakan effect dan membuat link,” terangnya. (didi)