Kepala Kantor Pertanahan Nasional Bintuni Tertangkap Tim Saber Pungli

0
Tim Saber Pungli saat OTT Kepala Pertanahan Nasional Kabupaten Teluk Bintuni. IST

PAPUA BARAT, braind.id – Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Teluk Bintuni berinisial RK terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh tim saber pungutan liar (Saber Pungli) Polres Teluk Bintuni bersama dua rekannya berinisial DT (staf kantor) dan S (kabag hukum).

Hal ini dibenarkan Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Hari Supriyono yang braind.id, Rabu (14/03/2018).

Dijelaskannya bahwa dugaan pungli tersebut dilaporakan ke Polres Bintuni, Selasa (13/03/2018) sekitar pukul 11.00 WIT. Kemudian, Tim Saber Pungli mendatangi Kantor Pertanahan tersebut.

“Tim Saber Pungli menerima laporan bahwa adanya Pengurusan Sertifikat Tanah yang sangat mahal sekitar Rp. 20 juta, yang mana pembayaran pertama telah dilakukan senilai Rp. 11. juta dan yang ke dua sebesar RP.9 juta,”jelas Kabid Humas.

Namun sebelum OTT dilakukan, sebut Kabid Humas, Tim Saber Pungli menyamar dan mengikuti proses pembayaran di Kantor Pertanahan Nasional itu.

“Saat proses pembayaran dilakukan sesaat kemudian Tim langsung melakukan OTT di dalam ruangan Kepala Kantor, dan ditemukan barang bukti berupa uang senilai Rp.9 juta yang tidak dapat dipertanggung jawabkan,”katanya.

Berikutnya, mantan Kapolres Teluk Bintuni ini mengungkapkan, Kepala Kantor beserta Kabag Hukum dan satu orang staf Kantor diamankan bersama Barang Bukti (BB) ke Mapolres Teluk Bintuni untuk dimintai keterangan lebih jauh. [fg]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here