Kembalikan Berkas Kasus Wasior dan Wamena, Kejagung RI dan Komnas HAM Akan Digugat

0
Yan Christian Warinussy//RED
MANOKWARI, braind.id – Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari mempertimbangkan untuk melakukan langkah hukum terhadap Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).
Hal ini berkaitan dengan dikembalikannya berkas perkara dugaan pelanggaran HAM Berat Wasior 2001 dan Wamena 2003 dari Kejagung RI kepada Komnas HAM RI belum lama ini.
“Kami akan melakukan pertemuan dengan para korban kasus Wasior serta elemen terkait dalam waktu dekat ini untuk menentukan langkah hukum yang dapat dilakukan sesuai amanat UUD 1945 dan aturan perundangan yang berlaku,”kata Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari Yan Christian Warinussy kepada wartawan, di Manokwari, Rabu (16/01/2019).
Langkah hukum bisa didorong dari sisi hukum acara sesuai amanat UU RI No.26 Tahun 2000 Tentang Pengadilan HAM dan UU RI Nomor 8 Tahun 1981 Tentang KUHAP. Tapi juga bisa dari sisi hukum perdata dengan mengajukan gugatan ke pengadilan yang berkompeten.
LP3BH Manokwari memandang bahwa tindakan Jaksa Agung RI dan juga Komnas HAM RI tidak bisa dibiarkan begitu saja berlalu, tapi patut mendapat koreksi kritis melalui langkah-langkah hukum yang bertanggung-jawab.
Hari ini Rabu, (16/01/2019) LP3BH telah mulai didatangi beberapa diantara para korban kasus Pelanggaran HAM Wasior yang mempertanyakan nasib kasus yang menimpa diri mereka 18 tahun lalu (2001) pasca dikembalikannya berkas perkara tersebut dari Jaksa Agung RI kepada Komnas HAM RI tanggal 27 November 2018 yang lalu. [RED/ONE]