KEKAYAAN ALAM IBARAT SINGA YANG SEDANG TIDUR

36

Jakarta – braind.id – Seminar Ilmiah dan launching buku Maluku : staging point abad 21 bertempat di bentara budaya – gramedia kompas jakarta (28/11/2017), dengan Keynote spech JENDERAL TNI (purn) try sutrisno wapres RI ( 1993 – 1998) dan pengantar kapolri Pol Drs Tito Karnavian M.A Ph. D serta penulis komarudin Watubun, S.H.,M.H (ketua dewan kehormatan partai DPP PDI perjuangan/anggota DPR. RI).

Dalam seminar ilmiah dan Launching buku Maluku staging point abad 21, di hadiri oleh para pimpinan polri atau yang mewakili serta akademisi dan para pimpinan – pimpinan Daerah, diantaranya, Irjen Pol Drs tugas Priyanto, prof. Dr. Ir. Alex sw Retraubun MSc, Walikota Tidori provinsi Maluku Utara, Bupati dan wakil bupati Maluku Tenggara provinsi Maluku dan Bupati Maluku barat daya provinsi Maluku serta para undangan berbagai kalangan akademisi aktivis dan tiga ratus mahasiswa & mahasiswi dalam acara seminar Ilmiah.

Pantauan dari wartawan braind.id, dalam sambutannya Irjen Pol. Drs. Tugas Dwi Priyanto mengatakan, untuk semakin memperkaya masalah pengetahuan masyarakat Indonesia. Maluku sebagai wilayah yang memiliki kopertif tinggi telah tercantum dalam berbagai sejarah tidak saja karna nilai kandungan mineral kekayaan alam yang melimpah, karena juga budaya adat istiadat potensi wisata serta posisinya yang sangat strategis untuk terus di kelolah dan di kembangkan guna mendukung kepentingan nasional.

“Saat ini wilayah Maluku menjadi salah satu wilayah di Indonesia Timur yang memperoleh keberadaan utama dari pemerintah, pembangunan wilayah Maluku di harapkan dapat menjadi pilar dan juga mengukuhkan posisi indonesia agar semakin kuat dalam percaturan ekonomi dan poltik,” kata Irjen Pol. Drs. Tugas Dwi Priyanto.

“Oleh karena itu komitmen Presiden RI Ir Joko Widodo untuk menjadikan wilayah maluku sebagai salah satu prioritas pembangunan adalah sangat penting dan tepat guna mewujudkan nilai strategis kawasan sebagaimana di maksud penulis. Stabilitas keamanan menjadi salah satu prasyarat terlaksananya pembangunan dan pengembangan wilayah maluku,” ujarnya lagi.

Menurut Irjen Pol. Drs. Tugas Dwi Priyanto, ditepi inilah keberadaan buku ini dapat memberi manfaat besar bagi personil khususnya Polri dalam menyusun strategi memberikan keamanan kompetitif dan betul-betul memperhatikan situasi seperti sepenuhnya.

“Memperkuat sarana dan prasarana polisi perairan dan Polri dengan TNI AL, kementerian Kelautan dan perikanan serta Stake holder terkait, guna mengamankan sumber daya laut dan pulau-pulau terluar, saya sangat mengapresiasi, dimana penulis secara lugas mengupas Maluku berbagai perspektif analisis, buku ini telah memberi jawaban supaya mengetahui dan memahami secara lebih dekat,” ujar Irjen Pol. Drs. Tugas Dwi Priyanto.

Komarudin Watubun S.H.,M.H selaku penulis buku staging point abda 21, dalam pemaparannya menagatakan, buku ini jangan asal di baca, tapi ini adalah langkah awal untuk membuka memori kolektif, bahwa kita punya sejarah dan kita harus membuat sejarah masa depan Republik ini.

Komarudin Watubun memulai karir politik di Papua dan buku ini juga lahir dari renungannya yang paling dalam.

“Masalah Freeport sepuluh tahun ini di provinsi Papua, saya menyaksikan pertarungan antara aparat dan masyarakat hanya urusan Freeport, padahal harta kekayaan Indonesia untuk mewujudkan cita-cita dan janji proklamasi harus melindungi, mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa itu, Itu janji proklamasinya,” kata Komarudin Watubun S.H.,M.H.

Komarudin mengatakan, terkait denagn pertarungan blok Masela masalah laut dan darat adalah pertarungan orang berduit, pertarungan para pemodal, jika di laut yang punya pipa laku, di darat yang sudah beli tanah disana untung, daerah itu tidak boleh tanah dibiarkan orang beli, terutama orang dari Pusat dan orang pemodal yang beli tanah, kalau tidak nasib kita seperti yang di alami oleh Papua. (Romadhan Reubun)

36 KOMENTAR

  1. I’m not sure where you’re getting your info, but great
    topic. I needs to spend some time learning much more
    or understanding more. Thanks for wonderful information I was
    looking for this info for my mission.

  2. Hello i am kavin, its my first occasion to
    commenting anyplace, when i read this article i thought
    i could also create comment due to this sensible article.

  3. Hey! Would you mind if I share your blog with my myspace group?

    There’s a lot of people that I think would really enjoy your
    content. Please let me know. Cheers

  4. Orlistat Fast Delivery Zithromax Pregnant Indian Drugs On Line viagra Discount Fedex Shipping Bentyl Website Internet Overseas Buy Sildenafil Citrate 100mg Uk Amoxicillin Light Headed

  5. Your style is so unique in comparison to other people I’ve read
    stuff from. Many thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I will
    just bookmark this site.

  6. I have been exploring for a bit for any high quality
    articles or blog posts on this kind of area
    . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this site.
    Studying this info So i am satisfied to convey that I’ve a very good uncanny feeling I discovered exactly
    what I needed. I most for sure will make certain to do not omit this site and provides it a glance regularly.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here