Kapolres Batang: Jangan Pernah Nodai Bulan Suci Ini

0

BATANG, braind.id Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga, tidak hanya piawai dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kabupaten Batang.

Orang nomor satu di Kepolisian Resor Batang, sangat mendalami ajaran agama Islam, walau terlahir sebagai non muslim.

Terlihat ketika memberikan pesan kamtibmas di Masjid Miftahul Huda Desa Mojotengah, Reban usai salat Tarawih ukuwah Keliling bersama Bupati Batang Wihaji.

AKBP Edi Suranta Sinulingga yang setia menunggu usai salat Tarawih dalam pesannya mengatakan, Islam merupakan agama Rahmatan Lilalamin yang membawa rahmat dan kebaikan bagi alam semesta.

“Saya seorang non muslim tapi menurut literasi yang saya baca dan ngaji yang saya dapatkan dari ulama Nahdlatul Ulama (NU). Islam agama yang membawa rahmat, kedamaian dan kebaikan bagi alam semesta, bukan kepada manusia saja,” kata Edi Suranta, Jumat (10/05/2019).

Mengutip dari salah satu ulama, lata dia, Islam itu menutup aib orang lain sangat menjunjung tinggi toleransi, saling menghargai, saling menghormati.

Lanjutnya, maka tidaklah benar kalau umat muslim menyebarkan ujaran kebencian dan berita hoaks. Akan tetapi fenomena tersebut sangat signifikan dan cukup tinggi frekuensi penyebaranya, padahal dalam Al Quran dan Hadis tidak mengajarkan menyebarkan ujaran kebencian, memaki menghujat menghakimi dan memprovokasi.

Disampaikan pula oleh Kapolres bahwa konstelasi politik pasca Pemilu masih terus berjalan, bahkan kemungkinan eskalasi akan meningkat.

“Itu semua bisa kita ubah demi kedamaian dan Bangsa, ketika semua masyarakat tidak mencampur adukan agama dengan kepentingan politik, khususnya kepentingan politik praktis,” ujarnya.

Kata dia, Dibulan Ramadan yang penuh berkah dan ampunan, mari kita bersama berlomba-lomba berjuang dalam hal kebaikan, amal sholeh dan perbanyak waktu untuk mendekat kepada Allah dengan beribadah.

“Jangan pernah nodai bulan suci ini dengan hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh ajaran agama Islam, karena yang saya tahu bulan puasa umat islam diuji untuk mampu menahan lapar dan dahaga tapi juga menahan nafsu amarah, menang sendiri atau egois,” terangnya.

“Dalam kesempatan tersebut Kapolres Batang berkesempatan menyerahkan bantuan kemakmuran Masjid Miiftahul Huda kepada Ta’mir Masjid, dan memberikan hadiah kepada anak yang hafal Asmahul Husna,” ungkap Edi. (dade)