Kapolda Ajak Seluruh Pelayanan Kesehatan Polri Berikan Hak Sehat Bagi Masyarakat

0

PEKANBARU, braind.id – Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 45, Polda Riau  bersama Pemerintah Propinsi Riau dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia, mengikuti rangkaian Bakti Sosial (Baksos) terpadu cabang Riau, kamis (15/11/2018).

Bertempat di Lapangan Sekolah Dasar 016 Kelurahan Okura Kecamatan Rumbai Pesisir dihadiri oleh Sekda Propinsi riau Ahmad Hijazi, Kadiskes Propinsi Riau dan para tamu undangan lainnya.

Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo MM mengatakan, acara bakti sosial terpadu hari kesehatan nasional dan bulan kesehatan gigi nasional ini merupakan wujud dan partisipasi nyata dari berbagai komponen masyarakat dan lintas sektoral.

“melalui bakti sosial ini kita akan berupaya untuk dapat mewujudkan masyarakat yang sehat, hal ini sejalan dengan kebijakan dari Presiden Republik Indonesia agar bisa melaksanakan dan menjalankan programnya yaitu gerakan masyarakat hidup sehat (germas) yang bertujuan untuk meningkatkan perilaku hidup sehat.” ujar Kapolda Riau

Ia mengajak kepada seluruh pelayanan kesehatan polri yang mana dimotori oleh Biddokkes dan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau agar ikut berperan aktif mewujudkan masyarakat yang sehat.

“utamakan pelayanan yang prima, transparan, akuntabel, efisien dan efektif dalam menjalankan tugas dan kewajiban, sehingga nantinya dapat tercapai derajat kesehatan kepada seluruh masyarakat yang optimal.” tambahnya.

Pada kesempatan ini Kapolda Riau pun juga meminta untuk dapat bekerja lebih keras, kerja cerdas, tuntas dan ikhlas penuh semangat.

“marilah kita bersama-sama merubah pola konsep kerja kita menjadi lebih baik, dengan kebersamaan tentunya segala tantangan tugas akan dapat kita selesaikan.” tutup Jenderal lulusan Akpol 1986.

Ia berpesan bahwasanya kesehatan merupakan kebutuhan kita semua, tentunya kita yang sehat ini bisa selalu peduli kepada sesama saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan.

Ditempat terpisah Kabid Dokkes Polda Riau Kombes Pol dr. Asmarahadi mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pemerintah maupun persatuan dokter gigi di riau yang telah bersedia memberikan bantuan kesehatan hingga bantuan pangan yang dibutuhkan bagi masyarakat.

“terimakasih atas kepeduliaannya, kami pun dari institusi polri tentunya ikut serta juga berkewajiban membantu permasalahan yang dirasakan oleh masyarakat. Kesehatan masyarakat telah menjadi tujuan utama tugas kami, dengan harapan apabila masyarakat dalam kondisi sehat tentunya kamtibmas akan berjalan dengan lancar.” terang Kombes Pol dr  Asmarahadi.

Dia menambahkan, program biddokkes polda riau pada bulan desember nanti akan mengadakan khitan massal untuk masyarakat selama libur sekolah.

Adapun jenis kegiatan yang diikuti oleh 260 siswa SD 16 dan 400 masyarakat umum yaitu :

– Pemeriksaan kesehatan umum meliputi deteksi dini penyakit/kelainan darah, pemeriksaan tekanan darah, cek gula darah dan kolesterol.

– Pemeriksaan kesehatan gigi meliputi tindakan penambalan gigi dan pencabutan gigi.

– Penyuluhan kesehatan umum, kesehatan gigi, kesehatan lingkungan serta simulasi sikat gigi dan cuci tangan bersama.

– Pelatihan bantuan hidup dasar kepada pegawai kelurahan dan guru SD 16 oleh Biddokkes Polda Riau dan RS Bhayangkara tingkat III Pekanbaru.

– Pembagian paket alat tulis sejumlah 260 paket kepada siswa SD 16 yang donasi dari IDI, PDGI dan Dinas Kesehatan Riau.

– Pembagian paket sembako donasi dari Biddokkes dan RS Bhayangkara Tingkat III Polda Riau, PDGI dan dari komunitas Pajero Sport Family serta rumah zakat kepada masyarakat umum sejumlah 400 paket sembako.

– Peningkatan fasilitas dan pemberian bantuan buku untuk perpustakaan sekolah oleh biddokkes dan RS Bhayangkara Polda Riau. (mirza)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here