Ini Kronologis “Gejolak” di Pemkab Raja Ampat Versi Wakil Bupati

6
PAPUA BARAT, braind.id – Wakil Bupati (Wabup), Manuel Piter Urbinas, S.Pi, M.Si membuka kronologis persamasalahan yang terjadi di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, di Provinsi Papua Barat.
Dijelaskannya, bardasarkan hasil pilkada Kabupaten Raja Ampat di awal Desember 2015, dimana pasangan FIRMAN ditetapkan sebagai pemenang dan pasangan FIRMAN (Abdul Faris Umlati dan Manuel Piter Urbinas) dilantik sebagai bupati dan wabup sejak 17 februari 2016 di Manokwari.
“Dalam tahun 2016, kami meminta APBD Induk dan diberikan oleh BPKAD untuk kami menjalankan fungsi pengawasan. Tetapi dalam tahun itu, ada beberapa kegiatan yang dirubah dan dikejakan tanpa mekanisme yang benar,”kata Wabup melalui press releasenya yang diterima, braind.id, Rabu (30/05/2018.
Selanjutnya, Wabup menyebutkan, Bupati meminta APBD-P 2016 kepada kepala BPKAD, tetapi tidak diberikan. Maka, menurutnya, disitu awal terjadi kepincangan pemerintahan di Kabupaten Raja Ampat.
“Penyusunan APBD tahun anggaran 2017 saya sebagai wabup terlibat langsung dalam perencanaan dan pembahasan serta penyusunan. Tapi setelah penetapan terjadi perubahan di dalam APBD, namun wabup tidak terlibat,”sebutnya.
Oleh sebab itu, dirinya mengemukakan bahwa sejak penetapan APBD 2017 semua fungsi wabup tidak di jalankan, karena dikendalikan langsung oleh bupati. Padahal, dia mencontohkan, kegiatan yang mewajibkan bupati atau wabup hadir dan bupati berhalangan maka yang secara oromaris ditunjuk adalah wabup, tetapi yang ditunjuk Sekda dan Asisten atau kepala OPD.
“Begitu pun dengan koordinasi. Sebaliknya sekda dan para asisten serta kepala OPD langsung kepada bupati tanpa melalui wabup. Semua kegiatan baik kedalam maupun keluar daerah tidak pernah melibatkan wabup,”jelas dia.
Dikatakannya, hamper semua pimpinan OPD sejak awal tahun 2017 sampai sekarang tidak pernah beronsultasi dengan wabup. “Ada dugaan takut jabatannya di copot oleh bupati. Kemudian, pelantikan jabatan esalon II, III, dan IV seja tahun 2016 sampai tahun 2018 untuk menduduki jabatan dalam struktur pemerintahan semua ditentukan dan diputuskan serta ditetapkan oleh bupati tanpa meminta pendapat, masukan ataupun saran dari wabup,”tutur wabup.
Tak hanya itu, lanjut dia, pengangkatan tenaga honorer semua disusun, diatur, dan diputuskan ditetapkan oleh bupati tanpa meminta pendapat, masukan ataupun saran darinya sebagai wakil bupati. Sambungnya, wabup pun tidak diberikan kewenangan dispo bantuan sosial bahkan dispo bagi sosial bagi orang sakit dibawa Rp. 5 juta yang pernah diberikan wakil bupati ditolak dan dikembalikan oleh BPKAD, kerana semuanya harus dispo bupati.
Padahal, dia menegaskan bahwa bupati dan wabup di pilih oleh masyarakat secara paket, bukan terpisah. Sehingga keputusan bupati inklut di dalamnya keputusan wakil bupati.
“Dengan demikian sejak tahun 2017 roda pemerintahan birokrasi di Raja Ampat di jalankan sendiri oleh bupati tanpa wabup dan terjadi kepincangan sampai sekarang ini menyebabkan tidak terjadi perputaran ekonomi di masyarakat sehingga masyarakat menderita,”imbuh wabup.
Disamping itu, dia mengungkapkan, sejak 2017 sampai sekarang pertengahan 2018 ini dirinya selaku wakil bupati hanya diam, tetapi bukan berarti tidak mengerti persoalan yang terjadi.
“Tapu sebagai pegawai yang pernah mengabdi di birokrat selama 20 tahun, saya berusaha menjaga, mengangkat, dan mempertahankan wibawa pemerintahan Kabupaten Raja Ampat. Meski pun saya merasa sakit,”ungkapnya.
Oleh sebab itu, dirinya menyatakan bahwa sudah waktunya dia sebagai wabup berbicara kepada publik dan masyarakat Raja Ampat untuk mengetahui apa yang terjadi selama ini di dalam Birokrasi Pemerintahan Kabupaten Raja Ampat, agar mendapt tanggapan, saran, dan solusi untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi. [one]

6 KOMENTAR

  1. I visit daily a few blogs and websites to read content,
    except this web site provides feature based writing.

  2. Hello there! This blog post couldn’t be written any better!

    Going through this post reminds me of my previous roommate!
    He constantly kept preaching about this. I am going to forward
    this information to him. Pretty sure he’s
    going to have a great read. Thank you for sharing!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here