Hari Nusantara 2017: Karakter Bangsa Indonesia Yang Berwawasan Bahari Dan Menjadikan Laut Sebagai Ruang Hidup Dan Ruang Juang

0
Cirebon – braind.id – Tanggal 13 Desember ditetapkan sebagai Hari Nusantara. Tanggal tersebut dimana diumumkannya “Deklarasi Djoeanda” tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut merupakan sebuah keputusan untuk menyatukan Indonesia sebagai negara kepulauan berbeda dengan apa yang termaktub dalam Territoriale Zee en Maritieme Kringen Ordonantie 1939, yang menetapkan batas teritorial Indonesia secara terpisah-pisah.
Peringatan Hari Nusantara tahun ini dilaksanakan di Dermaga Muara Jati, Cirebon, Jawa Barat. Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo hadir mewakili Presiden Joko Widodo untuk membuka acara. Pantauan braind.id tampak beberapa menteri kabinet Kerja, KSAL, Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia hadir dalam acara puncak peringatan Hari Nusantara tersebut.
 
 “Melalui peringatan Hari Nusantara ini, karakter bangsa Indonesia yang berwawasan bahari dan menjadikan laut sebagai ruang hidup dan ruang juang, bisa terbangun,” kata Mendagri.
Usai memperingati Hari Nusantara Mendagri Tjahyo Kumolo mengatakan, Dipilihnya Kota Cirebon suatu hal yang tidak salah. Cirebon merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Jawa Barat, bagian dari poros ekonomi dan kekuatan maritim kita.
Dalam peringatan Hari Nusantara dipertunjukan berbagai atraksi dan kegiatan , antara lain atraksi terjun bebas oleh TNI Angkatan Laut, demo Search and Rescue (SAR) Laut, sail pass kapal-kapal nelayan Indonesia serta pelepasan ekspor produk tekstil dan meubel/rotan Kota Cirebon. (SAY_marine)