Groundbreaking Jakarta International Stadium Atau Stadion BMW

0

JAKARTA, braind.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan melakukan groundbreaking Jakarta International Stadium atau Stadion BMW, di Jakarta Utara, Kamis (14/03/2019).

Rencananya stadion berkelas internasional, adapun lokasi peletakan batu pertama atau graundbreaking Jakarta International Stadium itu berada di kawasan Sarana Rekreasi Olahraga (SRO), RT 10, RW 08, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara yang berlokasi di Taman BMW akan menjadi kandang bagi klub bola Persija Jakarta.

Rencananya, proyek Jakarta International Stadium dilakukan oleh Pemprov DKI setelah mendapat persetujuan dari DPRD. 9, pengerjaan stadion tak disetujui oleh Ketua DPRD Jakarta Prasetio Edi Marsudi jika di tanganin oleh PT Japro.

“Proyek Stadiun tersebut, yang memakan biaya hingga Rp.5 triliun dan ditargetkan rampung pada 2021,” kata Prasetio.

“Pada rapat Badan Anggaran (Banggar) tahun lalu, DPRD menyetujui pembangunan Stadion BMW dilakukan oleh Jakpro sudah disetujui dan akan kami awasi. Meskipun mendapat persetujuan, DPRD memangkas dana Penyertaan Modal Daerah (PMD) untuk PT Jakpro,” katanya.

“Dari yang awalnya Rp.3,2 triliun, dipangkas oleh Badan Anggaran DPRD DKI menjadi hanya Rp.700 miliar. Setelah proses diskusi panjang, PMD untuk Jakpro difinalkan menjadi Rp.900 miliar dan dana tersebut akan digunakan Jakpro untuk membangun Jakarta International Stadium, merevitalisasi Taman Ismail Marzuki, dan membangun rusun DP 0,” ujarnya.

Pembangunan Stadion BMW adalah janji kampanye Anies Baswedan saat perayaan ulang tahun Persija Jakarta ke-88 pada akhir November 2016. (dade)