Giat Persit Kartika Chandra Kirana XLIV Yonif 315/Grd Pantau Kesehatan Anak di Posyandu

0

JAKARTA, braind.id Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLIV Yonif 315/Grd melaksanakan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) rutin, bertempat Posyandu Mawar Yonif 315/Grd, Selasa (08/01/2018).

Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, serta wadah peran serta masyarakat yang menyelenggarakan system pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar dan peningkatan kualitas manusia.

Penimbangan pada bayi dan balita merupakan langkah awal dalam kegiatan utama program perbaikan gizi anak. Hal ini sebagai upaya masyarakat dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

Penimbangan yang rutin diadakan setiap bulannya di Posyandu Mawar Yonif 315/Grd sebagai salah satu program kegiatan rutin Persit KCK Cab. XLIV Koordinator Rem 061/Sk Yonif 315/Grd,

bertujuan untuk mengetahui apakah bayi atau balita putra putri Prajurit ini tumbuh sehat, mengetahui dan mencegah gangguan pertumbuhan, mengetahui bila balita sakit, kelengkapan imunisasi dan mendapatkan penyuluhan gizi.

Penimbangan dan imunisasi terhadap 135 Org Balita. Penimbangan dan Imunisasi ini  turut didampingi oleh Ketua Persit Cabang XLIV Yonif 315/Grd Ibu Nenny Rendra Dwi Ardhani beserta jajaran pengurus Persit Cabang.

Dalam kegiatan di Posyandu Mawar Yonif 315/Grd, diawasi langsung oleh Bidan Leni dari Puskesmas Gunung Batu Kec. Bogor Barat serta didukung dengan tenaga medis sebanyak 10 orang dari anggota Persit yang juga bekerja di RS Salak Bogor.

Pemeriksaan bagi kesehatan ibu dan anak tersebut, diikuti oleh keluarga anggota Yonif 315/Grd dengan jumlah peserta yang cukup banyak terdiri dari anak-anak dan ibu hamil.

Kegiatan tersebut meliputi pelayanan yang diantaranya, penimbangan balita, pemberian gizi dan makanan tambahan, imunisasi dan penyuluhan serta pemeriksaan ibu hamil.

Bidan Leni menjelaskan bahwa anak bisa dikatakan sehat, jika seiring bertambahnya umur maka akan bertambah pula berat badannya. Ini juga merupakan tanda orangtuanya dapat memberikan makanan cukup gizi kepada anak-anaknya.

Imunisasi diberikan untuk menambah kekebalan bagi tubuh agar tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit yang menyerang.

Maka diharapkan kepada Ibu ibu agar senantiasa membawa putra-putri balitanya untuk melakukan penimbangan dan imunisasi rutin yang dilakukan oleh Posyandu Mawar Persit Yonif 315/Grd.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Persit Cabang XLIV Yonif 315/Grd Ibu Nenny Rendra Dwi Ardhani mengatakan, bahwa kegiatan Posyandu merupakan kegiatan yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat bagi ibu dan anak, sehingga setiap keluarga diharapkan aktif memanfaatkan fasilitas di posyandu yang berada di dalam satuan.

Posyandu bukan hanya tempat untuk mendapatkan imunisasi saja, tetapi juga memantau pertumbuhan berat badan, deteksi dini penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan anak, serta melakukan stimulasi tumbuh kembang balita melalui alat permainan edukatif yang tersedia di posyandu. (dade)