Giat Kodim 0710/Pekalongan Tanam Pohon, Bhaksos & Senam Bareng Polisi

0
30

PEKALONGAN, braind.id Hilangnya pepohonan di daerah yang terdampak rob. Pemukiman warga menjadi tampak gersang terasa sangat panas khususnya di Kelurahan Bandengan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Jumat (07/12/2018).

Kodim 0710/Pekalongan bersama dengan masyarakat setempat melakukan penghijauan, di Kelurahan Bandengan, dipimpin Danramil 19/Pekalongan Utara Kapten Suhardi, menanam bibit pohon cemara laut dan beberapa jenis tanaman yang tahan air laut sebanyak 250 pohon di areal tambak dekat pemukiman warga Bandengan.

Lanjut Danramil, program penanaman pohon kali ini sebagai penghijauan yang dapat membentengi bibir tambak dari abrasi ketika air tinggi juga untuk penghijauan dan memperindah pemukiman warga.

“Kegiatan penanaman pohon atau penghijauan ini kita lakukan dalam rangka Hari Juang Kartika Ke-73 dan untuk memperindah kampung Bandengan ini sehingga nantinya akan kelihatan hijau kembali setelah sebelumnya tanaman yang ada mati karena terdampak air rob,” kata Kapten Suhardi,

Warga berterimakasih kepada para prajurit TNI Kodim 0710/Pekalongan telah peduli. Kasi Pembangunan Kelurahan Bandengan M.Abidin mengatakan, “semoga dengan penghijauan ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal yang bisa dirasakan oleh masyarakat”.

Bhakti Sosial, Hari Juang Kartika

Kegiatan berbeda dihari yang sama, Kodim 0710/Pekalongan, menjelang Hari Juang Kartika yang jatuh setiap tanggal 15 Desember mendatang.

Gelar giat bhakti sosial (Bhaksos) dipimpin Danramil Doro, Kapten Cpm Abdul Khamim menjelaskan,kegiatan Karya Bhakti pengecatan dan pembersihan Masjid Jendral Sudirman di Desa Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan.

“Kegiatan dalam rangka Hari Juang Kartika ini, Kita melaksanakan kegiatan Karya Bhakti bukan hanya di Masjid Jendral Sudirman saja, akan tetapi semua dibagi ditempat ibadah yang lain juga kita laksanakan, intinya kegiatan ini dilakukan di tempat-tempat ibadah dan fasilitas umum lain yang ada di wilayah Pekalongan,” terang Kapten Cpm Abdul Khamim.

Lanjutnya, kegiatan Karya bhakti sudah menjadi rutinitas setiap satuan jajaran koramil, jadi tidak hanya pas ada peringatan hari juang kartika saja.

“Namun kegiatan Karya Bakti donor darah dan pelayanan kesehatan gratis yang diberikan untuk masyarakat pada acara menyambut Hari Juang Kartika ke-73 tahun 2018 ini,” tambah Danramil.

Sementara itu, H. Marsum selaku takmir Masjid Jendral Sudirman mengatakan, ia sangat senang dan setuju dengan adanya kegiatan karya bhakti gotong royong yang dilakukan oleh para anggota TNI AD.

“TNI bisa berbaur bekerja bersama dan menjadi ajang silaturahmi dengan masyarakat setempat. Selain itu, masyarakat juga bisa akrab dengan para personil TNI dalam kegiatan ini,” kata H.Marsum.

Sinergitas dan Soliditas TNI-Polri

Masih dihari yang sama, dalam rangka Menjaga dan memupuk soliditas serta sinergitas dalam bidang keamanan di wilayah Kabupaten Pekalongan. puluhan prajurit TNI dan anggota Polri dari Polres Pekalongan dan Kodim 0710/Pekalongan olahraga senam aerobik bersama, di Halaman Mapolres Pekalongan.

Guna menjalin soliditas, kebersamaan dan kerjasama antara TNI-Polri dalam mewujudkan Kabupaten Pekalongan yang aman dan damai.

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha menyampaikan,  kegiatan ini merupakan momentum yang sangat baik sebagai sarana dalam rangka membina hubungan komunikasi yang harmonis memperkokoh sinergitas dan soliditas antara TNI-Polri khususnya diwilayah Pekalongan.

“Diharapkan melalui kegiatan olah raga bersama ini, dapat semakin mempererat jalinan kebersamaan, memperkokoh persatuan dan kesatuan antara TNI dan Polri,” terang Dandim.

Ia menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh jajaran TNI-Polri atas jalinan kerjasama yang telah terbangun di Kabupaten Pekalongan sampai saat ini, selalu bersinergi dan solid dalam menjalankan tugas dilapangan.

“Saya berharap dengan kegiatan semacam ini bisa mempererat silaturahmi antara TNI-Polri sehingga menumbuhkan sinergitas dalam kebersamaan dan persahabatan dalam rangka mendukung tugas dalam menjaga ketertiban, keamanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Dandim. (Didi)