Dinilai Selewengkan Dandes, Kampak Papua Minta Belasan Kepala Kampung Ini Diperiksa

30
ilustrasi

JAKARTA – Belasan Kepala Kampung di Kabupaten Biak Numfor,Provinsi Papua di duga melakukan penyalagunaan dana desa (Dandes).  LSM Kampak Papua Minta Inspektorat periksa LKPJ Kepala Kampung.

Informasi yang dihimpun,  belasan kampung yang di duga terjadi penyalahunaan Dandes yakni Kampung Yafdas Samofa, Inggupi Biak Kota, Swaipak Swandiwe, Zoon Biak Timur, Karyendi Biak Kota, Makmakrbo Biak Timur, Sorido Biak Kota, Kingmom Snerbo Biak Kota, Orwer Biak Timur, Sepse Biak Timur, Kajasi Biak Timur,  Opiaref Biak Timur, dan Yenusi Biak Timur

Sekjen LSM Kampak Papua wilayah DKI Jakarta, Johan Rumkoren mengatakan, dana dase yang di duga diselewengkan belasan Kepala Kampung ini di duga LKPJ-nya tidak jelas.

“LKPJ tidak jelas, kebanyak laporan yang ditulis tidak sesuai outputnya. Administarsi sangat rapi tetapi sayang kenyataan di lapangan amburadul dan diduga telah terjadi permainan dalam pembuatan laporan,”terang Johan Rumkorem, Senin (25/06/2018).

Johan meminta kepada Inspektorat agar segera melakukan periksa semua LKPJ dari 17 kampung di Kabupaten Biak Numfor. Pasalnya, diduga telah terjadi dugaan tindak pidana korupsi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Pasal 51.

Dimana, Kepala Desa harus menyampaikan laporan keterangan penyelenggaraan Pemerintahan Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 48 huruf c setiap akhir tahun anggaran kepada Badan Permusyawaratan Desa secara tertulis paling lambat 3 (tiga) bulan setelah berakhirnya tahun anggaran.

“Kami LSM Kampak minta inspektorat segera periksa 17 kepala kampung yang tidak bekerja sesuai visi misi dan program presiden Jokowi,”tandasnya. [RED/ONE]

Comments are closed.