Desa Karanganyar, Lestarikan Tradisi Barian Sambut Perayaan Kemerdekaan RI

0
Makan bersama ditengah jalan bersama warga, (foto:Amy/braind)

JEMBER, braind.id – Menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI, digelar pengajian tahlil dan barian di Desa Karanganyar, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (11/08/2019).

Barian merupakan acara makan bersama di tengah jalan. Selain menyantap, diwarnai juga dengan saling bertukar makanan.

Tradisi leluhur itu dilakukan oleh masyarakat Desa Karanganyar setiap tahun. Hal ini menunjukan kerukunan antarwarga dalam keragaman.

Acara mulai seusai Sholat Magrib, dihadiri sekitar 50 warga RT 01 RW 03 Desa Karanganyar. Selanjutnya, panggung gembira dipandu Nurul Hidayah selaku pembawa acara.

Paduan suara Drupadi yang diketuai Atik menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan penuh semangat dan hikmat.

Mengawali pembukaan, Kepala Desa Karanganyar Sunaryo, mengimbau masyarakat senantiasa menjaga kerukunan dan kesatuan.

Ia mengingatkan warga jangan mudah terprovokasi hoax yang disebarkan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab.

“Indonesia sudah merdeka sejak 1945. Kita jangan mau dijajah oleh hoax dan pemecah belah. Dengan kesatuan dan kerukunan kita bisa hidup damai dan tentram,” imbuh Sunaryo.

Sebelumnya, Sunaryo disambut riuh warga, terkhusus ibu-ibu. “Sunaryo lanjut sekali lagi,” teriak mereka meminta kembali ia menjadi Kepala Desa.

Dengan permintaan masyarakat itu  Sunaryo akan mencalonkan lagi sebagai Kepala Desa Karanganyar, dipemilihan pada 12 September 2019 nanti. Bila menang, ia akan memimpin yang ke tiga kalinya.

Pertama kali terpilih, Sunaryo menjadi kepala desa tahun 2007. Saat ini dia menjalani periode kedua masa kepemimpinannya.

(amy78)