Dandim Dua Wilayah Korem 071/Wk Diserahterimakan

0

BANYUMAS, braind.id Dandim dua wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma diserahterimakan, Dandim 0702/Purbalingga dan Dandim 0704/Banjarnegara.

Serahterima jabatan kedua Dandim tersebut, dilaksanakan dihadapan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., Selasa (05/03/2019) di Gedung Pertemuan A.Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. Jawa Tengah.

Dandim 0702/Purbalingga dari Letkol Inf Andy Bagus Diyan Arika kepada pejabat baru Letkol Inf Yudhi Novrizal, S.I.P., Dandim 0704/Banjarnegara dari Letkol Inf Bagas Gunanto, A.Ks., kepada Letkol Inf Dominggus Lopes, S.Sos.

Letkol Inf Andy Bagus Diyan Arika selanjutnya menjabat Irdya-3/Binkar Itutpers Itum Itjenad, sedangkan penggantinya Letkol Inf Yudhi Novrizal, S.I.P. sebelumnya menjabat Pabandya Anev dan Dalprog Srendam IV/Dip. Letkol Inf Bagas Gunanto, A.Ks. selanjutnya menjabat Katim Gumil/Tih Pusdikter Pusterad. Penggantinya Letkol Inf Dominggus Lopes, S.Sos., sebelumnya Kabagjianbang Rindam IV/Dip.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., dalam amanatnya pada Tradisi dan Laporan Korps Serah Terima Jabatan Dandim 0702/Purbalingga dan Dandim 0704/Banjarnegara menyampaikan, pergantian pejabat dilingkungan Angkatan Darat merupakan hal yang biasa dilakukan sebagai upaya meningkatkan produktivitas kerja guna mendukung pencapaian tugas pokok satuan dalam suatu kehidupan organisasi yang dinamis.

“Melalui alih tugas dan jabatan ini, diharapkan akan semakin meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme para Perwira guna membangun sistem kerja yang lebih efektif dan efisien bagi kemajuan satuan yang dipimpinnya”, terang Danrem.

Lanjutnya, wilayah Kodim 0702/Purbalingga secara kultural merupakan tempat kelahiran Panglima Besar Jenderal Soedirman yang kita teladani jiwa dan nilai-nilai kepahlawanannya sampai saat ini.

Lalu, dilihat dari aspek pertahanan keamanan dan ekonomi, Purbalingga juga memiliki nilai strategis. Karena wilayahnya terdapat sentra industri berskala nasional yang dapat memberikan kontribusi bagi penyerapan tenaga kerja dan PAD, sehingga dapat menopang tumbuh kembangnya perekonomian masyarakat, pengusaha kecil dan menengah.

“Dengan latar belakang kultur, pertahanan dan ekonomi tersebut, diharapkan Kodim 0702/Purbalingga mampu diberdayakan potensi wilayahnya menjadi ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh,” katanya.

“Laksanakan koordinasi yang baik dalam setiap kegiatan dan selalu bersinergitas dengan Pemda, Polri dan komponen bangsa lainnya agar tercipta situasi kondusif, aman dan nyaman dalam mengawal setiap pembangunan di daerah,” tegasnya.

Ia menambahkan, Sedangkan wilayah Kodim 0704/Banjarnegara secara geografis merupakan daerah pegunungan dan dataran tinggi serta destinasi wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun, kata dia, dibalik keindahan dan kesuburan tanahnya, berdasarkan data dan informasi BPBN maupun BPBD, Banjarnegara termasuk salah satu wilayah berpotensi rawan bencana alam terutama tanah longsor.

“Karenanya, dengan melihat kondisi alam yang demikian, Kodim 0704/Banjarnegara sebagai satkowil yang memiliki tanggungjawab terhadap Mitigasi Bencana Alam bersama Pemda, serta komponen masyarakat lainnya,” jelas Danrem. (didi)