Dalam Sidang Ke-2, Kuasa Hukum Hercules: Keterangan Saksi Yang Berbelit-Belit

0

JAKARTA, braind.id Sidang ke-2 Hercules Rosario Marshal, yang disangka atas penguasaan dan perusakan lahan PT Nila Alam, dengan agenda pemeriksaan saksi, di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu (23/01/2019).

Pantauan braind.id dalam ruang sidang, yang dipimpin oleh Hakim ketua Rustiyono. Sempat diskor 30 menit.

Kepada majelis hakim, Direktur PT Nila Alam, Indra Cahya Zainal bersama Hartawan Zainal dan Rosalina Susilawati Zainal, dalam kesaksian mereka mengaku lahannya diserobot kelompok Hercules.

Lalu, Indra mengatakan lahannya dikuasai kelompok Hercules sejak 8 Agustus 2018 lalu.

Selain ke tiga saksi diatas, ada enam orang saksi yang dihadirkan, keenamnya adalah karyawan PT.Nila Alam.

namun keterangan saksi-saksi, berbeda dengan keadaan sesungguhnya, serta berbelit-belit. Indra menyampaikan kesaksian berdasarkan ‘katanya’, lalu kedua Adiknya yakni Hartawan & Rosalina hanya mengatakan “iya sama…”

Sementara, ke enam saksi lainnya, yakni: Ipe Sukarwin, Surya Darmawan, Sungkono, Suito, Puspitosari dan Ida Anjar adalah karyawan PT. Nila Alam yang awalnya sangat yakin dengan pernyataannya, bahwa Pada tanggal 8 Agustus 2018 melihat Hercules, Hendi dan anak buahnya datang Bersama-sama memasang plang nama dan memberikan surat kepada karyawan PT. Nila Alam.

Lalu, Hakim ketua memberikan waktu kepada Hercules untuk bertanya, “Dengan apa saya dan Handy Musawan (ahli waris yang memberi surat kuasa kepada Hercules) naik apa, jam berapa?” Tanya Hercules.

Saksi dari PT. Nila Alam memberi jawaban “datang rame-rame sekitar jam 9 pagi, naik mobil”.

Terdakwa Hercules tersenyum, lalu mengatakan dirinya datang jam 9 pagi bersama sopir mengendarai mobil, sedang Hendy datang jam 11 siang dengan mengendarai motor seorang diri.

Sementara itu, usai sidang Advokat Nikolas Johan Kilikily SH. MH, selaku kuasa hukum Hercules saat ditemui menyampaikan, “semakin ke sini semakin mendapat kejelasan dan keterangan saksi yang berbelit-belit, sangat membantu,” pungkasnya. (Amy78)