Cegah Bahaya Narkoba, BNN & Dispora Beri Bekal

0
67

GIANYAR braind.id – Pelatihan kader pemuda anti narkoba (KOPAN), hari pertama diisi langsung oleh narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) di Balai Desa Batuan Kaler, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, (18/10/2018)

Narasumber dari Dispora Kabupaten Gianyar disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda setempat, Ir. Gusti Putu Suasta dalam paparannya kepada para pemuda gianyar,

Ia menggambarkan, begitu mengerikan bahaya daripada pengguna napza. “Efek dari narkoba bisa mengakibatkan seseorang menjadi ber-halusinasi dengan melihat suatu hal yang sesungguhnya tidak ada. Dibanyak kasus, bahkan sering para pengguna hingga merasa bahwa dirinya kebal,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNN Kabupaten Gianyar, Sang Gede Suka Wiyasa, mendorong para pemuda yang ikut dalam pelatihan untuk tergerak aksi dalam rangka penanganan dan pencegahan bahaya narkoba secara dini.

Sang Gede Suka Wiyasa menerangkan, Bali sebagai wilayah destinasi dunia tentu memiliki dua sisi, adanya pariwisata ini, bisa memberikan dampak positif tapi juga dampak negatif.

Oleh karenanya, ia meminta, para kader harus mampu menjadi ketuk tular dengan bermacam-macam kegiatan edukatif dan terobosan untuk tersebarnya penyadaran sejak dini.

Lanjutnya, dari data dan fakta yang ada di Gianyar, memang sudah tergolong wilayah yang cukup berbahaya terkait penyalahgunaan narkoba.

“Di tahun 2016 saja, terdapat 133 kasus penyalahgunaan narkoba. Untuk di tahun ini, ada sebanyak 33 orang yang melapor bahwa dirinya tersangkut salam penyalahguna narkoba. Ini belum yang kita tangkap dan juga mungkin masih banyak yang belum terditek,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap ada output dari kegiatan-kegiatan yang ada setelah ini. “Agar kader-kader ini untuk sharing dan berbagi terkait konsep untuk terus mendorong dan juga melakukan upaya pencegahan terpadu,” katanya. (Bagus Alfatah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here