Berbagai Lapisan Masyarakat Turun Bersihkan Bantaran Sungai Ciliwung

0

BOGOR, braind.id Puluhan orang dari berbagai lapisan masyarakat turun ke bantaran Sungai Ciliwung memungut satu per satu sampah, Sabtu (22/12/2018). Ratusan masyarakat Bogor dan berbagai elemen ini, mampu mengumpulkan berkarung-karung sampah anorganik.

Kegiatan pembersihan Sungai Ciliwung ini, langsung dipimpin Walikota Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan juga dihadiri Komandan Rayon Militer (Danramil) Bogor Timur Kapten Inf Misdi Andri S.E, Komandan Peleton 3 Kipan C Yonif 315/Grd Letda Inf Dengan A.W, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor Elia Buntang, Perwakilan Komunitas Sungai Ciliwung, Een Irawan, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor, Lorina, dan Dinas PUPR Kota Bogor, Chusnul.

Adapun komposisi pasukan dalam kegiatan tersebut terdiri dari Yonif 315/Grd, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, Dewan Pimpinan Pusat Kota Bogor, Komunitas Sungai Ciliwung, dan dari Dinas PUPR Kota Bogor. Kegiatan yang diawali dengan pengecekan pasukan oleh Letda Inf Deden (Danton 3 Kipan C Yonif 315/Grd, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Walikota Bogor, Dr. Bima Arya Sugiarto.

Dalam kata sambutannya Walikota mengatakan bahwa mari  bersama-sama kita bersihkan Sungai Ciliwung dari sampah.

“Dengan membersihkan sampah di Sungai Ciliwung akan mengurangi pencemaran yang ada di Sungai Ciliwung serta menjaga kelestarian Sungai Ciliwung,” kata Bima.

Lanjutnya, semoga dengan kegiatan ini kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap lingkungan semakin meningkat, khususnya dalam menjaga sungai sebagai sumber air bagi masyarakat.

Terpisah, Danyon 315/Grd Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, SE melalui telpon mengatakan bahwa Pasukan Yonif 315/Grd akan selalu mensupport setiap kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Pemkot Bogor secara khusus.

“Kami akan selalu siap untuk membersihkan Sungai Ciliwung, apalagi Ciliwung adalah salah satu urat nadi masyarakat dalam penyediaan air bersih,” katanya.

“Secara bertahap mari bersama-sama kita bersihkan Ciliwung dari sampah. Akan selalu bekerja sama dengan Pemprov Bogor dan elemen masyarakat lainnya berusaha untuk mewujudkan Sungai Ciliwung yang bebas sampah¬† guna mendukung ketersediaan air bersih untuk masyarakat,” ujar Rendra.

Ia menambahkan, kegiatan membersihkan Sungai Ciliwung, yaitu di sektor bebersih daerah Sukasari tepatnya dibelakang RS Vania. (dade)