BBKSDA Dan Tim Gabungan Tangkap Buaya Sungai Di Bogor

0
59

BOGOR braind.id – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) berhasil menangkap seekor buaya muara di bantaran Sungai Cileungsi. Desa Bojungkulur, Gunungputri.

buaya tersebut bukan merupakan satu-satunya, diduga masih ada dua ekor buaya yang masih berkeliaran.

“Kemarin sudah tertangkap bersama tim gabungan. Masih ada dua lagi, berwarna putih dengan perkiraan 180 centimeter, dan satu lagi 150 cetimeter,” ujar Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) Puarman kepada awak media (8/10/2018)

Untuk menangkap buaya jenis Cordodylus Porosus ini, kata Puarman, tim gabungan yang terdiri BKSDA, Komunitas, TNI Polri dan Tagana ini diperlukan persiapan khusus. Mulai dari perlengkapan alat strum, jaring, sampai tranportasi sungai perahu karet.

“Kami bersama petugas terus memantau baik terima laporan dan juga penyusuran yang diwaktukan selama 10 hari oleh BKSDA,” kata Puarman.

Penyidik PNS Polisi Hutan, BKSDA, Sudrajat mengatakan, buaya yang tertangkap pada Sabtu malam diserahkan ke balai konserasi Cikananga Sukabumi.

Terkait buaya yang masih terlihat, kata dia, ada beberapa titik yang sering menjadi tempat munculnya hewan reptil ini. Mulai dari Villa Nusa Indah I sampai Vila Nusa Indah 2 Blok G. BKSDA menyebut sungai ini sejatinya sudah menjadi habitat buaya.

Namun dari tiga yang muncul dua, diantarannya diduga peliharaan. Hal itu diperkiraan dari gelagat buaya yang tidak agresif.

“Yang jelas itu kalau buaya ada yang buang ke sini. Yang asli pasti menyerang. Tidak menutup kemungkinan ada indukannya,” ujar Sudrajat. (Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here