Antisipasi Dan Prediksi Pengamanan Pemilu, Kabid Humas Polda Sambangi Polres & Polsek

0

LAMPUNG, braind.id – Gelar giat Pengarahan dari Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Sulistyaningsih Di Pamatwil Polres Lampung Tegah. Bertempat di ruang Rupatama Polres Lampung Tengah.

Nampak Hadir, Kapolres Lampung Tengah beserta jajarannya. Adapun Arahan dan pesan-pesan dari Kabid Humas Polda lampung Kombes Pol Sulistyaningsih adalah Kegiatan ini dalam rangka: Melakukan Meping terhadap antisipasi terjadinya potensi konflik sosial pelaksanaan pemilu 2019.

“Melakukan pengecekan monitoring terhadap  perkembangan situasi gangguan kamtibmas yang terjadi selama tahapan pemilu dan  Mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana dan prasarana Polri bersta unsur terkait dlm rangka mengsukseskan pemilu pileg dan pilpers.”kata Kabid Humas Polda lampung Kombes Pol Sulistyaningsih

Lanjutnya, mengingat arti penting dan strategisnya pemilu bagi keberlangsungan Pimpinan nasional pemerintah dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara.

perlu kita cermati, kata Kabid, pelaksanaan pemilu pilkada gubernur dan wakil gubernur 2018 yg lalu terdapat berbagai potensi kerawanan yg memerlukan perhatian kita semua untuk diantisipasi sejak dini, berupa pelanggaran dan tindak pidana pemilu. Polres Lamteng dengan Jumlah TPS 3 948 dan DPT 923.566

Ia memaparkan, Untuk mengantisipasi dan menaggulangi prediksi, ancaman selama pelaksanaan kampanye pemilu thn 2019 serta menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif diperintahkan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Susun Renpam tahapan pemilu 2019 guna antisipasi hakekat ancaman yang  bersumber dari potensi gangguan dan ambang gangguan stabilitas keamanan dalam  negeri.

2. Optimalkan pelaksanaan tugas babinkamtibmas polres dan bapulbaket ditingkat polsek.

3. Bersma KPU,Bawaslu,Pemda dan timses paslon serta Stakeholder terkait agar menentukan dan menetapkan wilayah lokasi,jadwal dan rute Kampanye.

4. Masing-masing  Satwil agar mengiotimalkan Posko bersama pelayanan surat keterangan Kampanye dan pengamanan pemilu 2019.

5. Maksimalkan fungsi dan peran posko gakkumdu dalam penanganan masalah,kasus yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilu

6. Personil Polri dikewilayahan yang melaksanakan Pam pemilu agar tetap menjaga konsistensi kecepatan dalam melaporkan setiap masalah/kasus yang berkaitan dengan pemilu ,optimalkan jaringan komunikasi,informasi teknologi yang ada.

7. Dalam rangka pelaksanaan tugas  penyelengara tahapan pemilu kpd setiap personil polri agar tetap menjunjung tinggi sikap profesionsl,proposional dan tetap menjaga netralitas sesuai dengan Undang-undang.

Sedangakan selaku kabid Humas Polda lampung Kombes Pol Sulistyaningsih meminta Beberapa hal yang perlu di tekankan kepada  personil polres lampung Tengah ini adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi setiap ada kasus yang menonjol dan harus ditindaklajuti kepada  pimpinan.

2. Lakukan pengecekan setiap saat kepada  polsek-polsek

3. Tingkatkan semua pelayanan kepada masyarakat  dengan humanis.

4. Setiap ada pengaduan harus  diselesaikan secara baik dan tuntas.

5. Sambut masyrakat  yang mengadukan permasalahan kepolres dengan ramah.

6. Ajak masyarakat untuk  menciptakan keamanan selama kampanye pileg dan pilpers 2019.

7. Ingatkan masyarakat agar tidak percaya berita Hoak.

8. Jauhi Narkoba jgn sampai ada yang terlibat penggunaan narkoba.

9. Galakan dan photo pelaksanaan apel pagi serta kirim ke polda melalui WA group PJU

10. Cepat memberikan informasi kepada  pimpinan jika ada berita yang menonjol.

11. Tetap semangat jaga kondisi fisik guna mengantisipasi unjuj rasa.

“Mari kita bersama-sama  untuk  mengawal dan mengamankan setiap tahapan pemilu ini dengan sebaik-baiknya dan menjamin agar masyarakat dapat melaksanakan hak pilih sesuai hati nuraninya,” Tuturnya.

Usai tinjau ke Polres Lampung tengah, Kabid Humas Polda beserta Pamatwil menuju Polsek Gunung Sugih, disambut oleh Kapolsek Gunung Sugih Iptu. Suryantoro.

Sebagai informasi, Polsek Gunung Sugih membawahi 3 kecamatan antara lain,

1. Kecamatan Gunung sugih yg terdiri dari 4 kecamatan dan 11 kampung. TPS kecamatan Gunung sugih berjumlah 197 TPS.

2. Kecamatan Bekri yg terdiri dari 8 kampung dan 87 TPS.

3. Kecamatan Bumi ratu nuban yang terdiri dri 10 kampung dan 111 TPS. Dan jumlah TPS dari ketiga kecamatan tersebut  berjumlah 395 TPS.

“Jumlah personil Polsek Gunung Sugih 26 personil dan Polsubsektor Bumi ratu nuban terdiri dari 14 personil. Sekaligus saya selaku PAMATWIL menjenguk Kanit Serse Polsek Gunung Sugih yang sedang sakit,” pungkas Kombes Pol. Sulistyaningsih. (bob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here