Adanya Bau Limbah Yang Mengganggu, Warga Lingkar Tambang Demo

0

ACEH, braind.id Bau menyengat yang ditimbulkan dari limbah, di duga milik PT Medco E&P Malaka Blok A, mengundang kemarahan warga lingkar tambang, sehingga warga melakukan aksi protes di depan perusaan itu. Rabu,15 Mei 2019 pagi sekitar pukul 06.30 WIB.

Bau menyengat itu muncul sejak Febuari, akibatnya sejumlah warga mengalami mual, muntah, sesak dan batuk.

Warga menilai perusahan Minyak dan Gas (Migas) tersebut yang teletak di Desa Blang Nisam, kecamatan Indra Makmu, kabupaten Aceh Timur, telah merampas kenyamanan dan kesehatan warga lingkar tambang akibat tercemarnya polusi udara yang mengancam kesehatan warga.

Akhirnya, Warga lingkar tambang yang terdiri dari Desa Alue Ie Mirah, SKM, JRU, Jamboe Lubok, Blang Nisam dan Bandar Baru melakukan aksi demonstrasi sebagai bentuk protes di Depat Get 1 atau gerbang masuk ke CPP Blok A.

Warga menuntut agar Medco bertanggungjawab menghilangkan limbah bau busuk menyengkat, “Kalau memang perusahaan tidak mau mengabulkan tuntutan warga, lebih baik ditutup saja,” ungkap Warga.

Massa yang terdiri dari masyarakat lingkar tambang tersebut mendesak pihak perusahaan agar segera menyelesaikan persoalan tersebut.

Selama beberapa bulan ini, perwakilan warga sebenarnya sudah pernah menyampaikan tuntutannya, baik itu secara lisan maupun melalui media. Menurut Pendemo, sampai saat ini pihak perusaahan belum menangapi secara serius.

Tuntutan warga sederhana, atasi bau limbah dan jangan merampas kenyamanan warga

Korlap aksi, Darwin, menegaskan, bagaimana caranya PT Medco segera mengatasi bau busuk ini, “Medco jangan hanya mau untungnya saja. Tapi mau menghormati hak hak warga,” katanya.

Menurutnya, pemerintah harus ikut turun tangan menyikapi hal itu, dan memperhatikan lingkungan hidup.

“Bapak Bupati dan Dinas Lingkungan Hidup juga perlu memperhatikan masalah ini. Memberikan penekanan masalah ini kepada perusaan, jangan terkesan selama ini pemerintah tidak peduli rakyatnya.” tandasnya.

Pengamatan wartawan dilapangan, massa menghadang mobil dan para pekerja yang hendak masuk ke dalam perusahaan, aksi protes juga di tulis di atas kertas karton,

Sebagai berikut “Medco E&P Malaka jangan bikin Rakyat lingkar tambang tambang sensara karena ulah PT Migas. Kami sudah cukup sensara dimasa DOM”.

Selain kata itu, pendemo juga menulis ” Medco E&P Malaka Blok A jangan bunuh warga lingkar tambang secara perlahan dengan limbah mu”.

Hingga wartawan merilis berita ini, massa masih konsentrasi di lokasi dan menunggu hasil pertemuan sejumlah perwakilan dengan pihak perusahaan. (Ary/red)