30 Rumah Bantuan di Manokwari Siap Diresmikan Gubernur

0
Kabid Sosial Propinsi Papua Barat

PAPUA BARAT, braind.id – Sebanyak 30 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Manokwari yang di renofani menggunakan dana alokasi umum (DAU) pada tahun 2017 lalu oleh Dinas Sosial Provinsi Papua Barat siap resmikan Gubernur Dominggu Mandacan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Provinsi Papua Barat, Marthen Tironi, mengatakan bantuan sosial renofasi rumah untuk tahun 2017 masih berfokus di Ibu Kota Provinsi. Dimana, renofasi ini hanya untuk masyarakat asli Papua yang dianggap tidak mampu.

“Bantuan renovasi 30 unit rumah itu sudah kerjakan sejak 2017 lalu, tapi belum diresmikan. Maka kita merencakan akan diresmikan langsung oleh bapak Gubernur di tahun 2018 ini,”jelas Martehn Tironi.

Dia mengemukan bahwa mengenai dana yang dialokasikan untuk merenovasi 30 unit rumah tidak layak unit itu berasal dari dana alokasi umum (DAU) TA 2017.

“Renovasi ini bukan menggunakan dana alokasi khusus atau Otsus, karena memang tahun 2017 tidak ada dana otsus untuk itu. Jadi kita menggunakan dana alokasi umum,”ujarnya.

Dikatakanya, 30 unit rumah itu tersebar dibeberapa daerah yang dianggap kumuh di Manokwari yakni kompleks Fanindi Pantai, Anggrem, dan Biryosi.

Selain peresmian rumah, Marthen menuturkan, Gubernur juga akan menyerahkan bantuan peralatan dan sembako usaha bagi mama-mama asli Papua yang sudah dialokasi tahun 2017 lalu dan bantuan ini bukanberasal dari dana Otsus.

Dicecar mengenai bantuan rumah di tahun 2018, Marthen mengemukakan, untuk tahun ini belum ada bantuan renofasi, namun pihaknya merencanakan akan dilakukan pendataan sebelum memberikan bantuan.

“Nah, kita rencana apabila ada alokasi dana di tahun ini khusus untuk renofasi rumah, maka kita akan menjalankannya di dua kabupaten yakni Manokwari dan Sorong,”bebernya.

Namun, kata Marthen, ditahun 2018 ini ada bantuan untuk bahan bangunan rumah (BBR) bagi masyarakat asli Papua yang tidak mampu. [fg]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here