11 TPS di Wilayah Papua Barat Akan Pemungutan Suara Ulang?

0
Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana

MANOKWARI, braind.id – Sebanyak 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Provinsi Papua Barat akan melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Pasalnya, dari total 3.918 TPS yang tersebar di beberapa Kabupaten di wilayah Papua Barat 11 diantaranya telah bermasalah dan Bawaslu sudah mengeluarkan 11 rekomendasi.

“Sampai hari ini rekomendasi bawaslu ada 11, dan itu semata-mata bukan karena kelalaian dan kesengajaan. Itu human error dari penyelenggara kami di tingkat bawah,”kata Ketua KPU Provinsi Papua Barar, Amus Atkana, Senin (22/4/2019).

Amus Atkana merincikan, sebelas TPS yang akan melakukan PSU yakni TPS 02 Kampung Wamci, Distrik Ransiki Kabupaten Manokwari Selatan, TPS 01 Kampung Ubadari, Distrik Kayuni, Kabupaten Fakfak, TPS 01 Kampung Klayat, Distrik Seget dan TPS 03 Kampung Kasim, Kabupaten Sorong.

“Khususu di kabupaten Sorong tepat di daerah perusahaan (Petrogas). Petugas PPS dan PPD kami diancam dan ditekan,”ujar Atkana.

Berukutnya,TPS 01 Kuras di Kampung Rado Kabupaten Teluk Wondama. Kemudian, di kabupaten Manokwari ada 5 TPS yang harus melaksanakan PSU.

TPS 01 Misapmesi, Distrik Manokwari Selatan, TPS 39 Kompleks Sekretariat Gerakan Merah Putih, Distrik Manokwari Barat, TPS 19 Gaya Baru, Kelurahan Wosi, Distrik Manokwari Barat,

Lanjut,TPS 12 Asrama Tektona, Distrik Manokwari Barat, dan TPS 46 Kampung Bugis, Distrik Manokwari Barat, serta Satu TPS di kabupaten Tambrauw, yakni TPS 01 Kampung Ayapokiat, Distrik Miyah.

“Di Manokwari kita tahu sendiri ada lima TPS, itu catatan bawaslu untuk perbaikan sendiri,”bebernya.

Dikemukakan bahwa pihaknya sudah keluarkan langkah-langkah kepada KPU kabupaten dan kota untuk melakukan koordinasi dengan bawaslu untuk menyiapkan logistik-logistik yang diperlukan dan surat suara PSU sudah disiapkan.

“Kami KPU Papua Barat tetap akan melaksanakan rekomendasi bawaslu. Kami sudah keluarkan instruksi ke bawah, PSU di kabupaten Manokwari Selatan akan digelar besok (Selasa, 23 April), PSU di kabupaten Tambrauw tanggal 25 April, dan PSU di Manokwari tanggal 27 April. Jadi, kami sudah siap laksanakan PSU itu sendiri,”tegas Atkana.

Sedangkan, kata Amus Atkana, mengenai hasil pemungutan suara 17 April di 11 TPS yang akan melakukan PSU tidak akan dipakai. [***/ONE]